keprusWonosari, (PPDQWI) – Dalam rangka libur akhir semester gasal tahun ajaran 2012/2013 ini, santriwan Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad Wonosari Gunungkidul memanfaatkannya dengan mencari keprus di sekitar daerah Ponjong. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka rehab gedung MCK yang sedang tahap pembangunan. Dana pembangunan yang berasal dari hasil infaq wali santri pondok pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad, sampai saat ini sudah terkumpul sekitar Rp. 30.000.000;.

Selain itu juga kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian (khidmah) para santri pada pesantren sebagaimana yang pernah di ajarkan pengasuh sendiri bahwasannya santri itu selain memiliki intelektual ilmu, spiritual,  juga harus mempunyai rasa khidmah (pengabdian) kepada pesantren sebagai bentuk penanaman nilai kepribadian santri. Dari sini sangat jelas sekali, bahwa proses pembelajaran tidak hanya sekedar diarahkan pada penguasaan ilmu pengetahuan saja (transfer of knowledge). Lebih dari itu, ia juga harus mampu membentuk akhlak yang sempurna dan mengoptimalisasikan religiusitas dalam setiap unsur pendidikan serta penanaman nilai –nilai kepribadian santri (transfer of value).

Selain itu juga, kegiatan libur akhir semester gasal ini juga di isi dengan perlombaan futsal antar pendamping, membersihan lingkungan sekitar pesantren dan kegiatan yang lainnya. Inti dari semua kegiatan yang dilaksanakan di pesantren adalah sebagai langkah pesantren dalam meminimalisir para santri supaya tidak pulang kerumah, karena program pesantren sendiri pulang hanya dilaksanakan setahun sekali yakni akhir Ramadhan agar kegiatan belajar mengajar di pondok dapat berjalan maksimal. Selain itu juga di akhir kegiatan ini para santri  mengadakan out bond yang dilaksanakan di pantai  Drini dan sekitarnya.

Out  Bond di Pantai Drini 

Setelah bergelut  dalam kelelahan mencari keprus, akhirnya para santri bisa sedikit lega dengan diadakannya out bond ke pantai Drini di desa Banjarejo Kec. Tanjungsari Kab. Gunungkidul. Pantai Drini merupakan salah satu pantai di kawasan pantai selatan Gunungkidul, masih serangkaian dengan Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, Pantai Krakal, Pantai Siung dan Pantai Wediombo. Pantai Drini ini cukup bersih, airnya juga jernih sehingga bisa melihat langsung rumput-rumput laut dan ikan kecil warna-warni yang berenang di antara karang laut.

Selain itu hamparan pasir putihnya yang berkilau yang terbentang luas dimanfaatkan para santri untuk bermain dan berolahraga ringan. Seperti bermain bola dengan bola yang terbuat dari plastik dan bermain pasir. Sedangkan jika ingin berenang, cukup berenang di beberapa kubangan air laut yang ada di hamparan batu karang bibir pantai.

Demikianlah suasana libur akhir semester santri Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad semoga dengan adanya kegiatan-kegiatan diatas,  para santri dapat memperoleh berkah itu semua, tanpa mengurangi juga suasan liburan akhir semester gasal tahun ini. Wassalam