ilhamhabibie-1Wonosari, (PPDQWI) – Forum Dialog Nusantara (FDN) sekarang tengah mengembangkan program masjid yang berjaringan elektronik atau E-Masjid. Masjid kedepan tidak hanya menjadi tempat sholat, tetapi mempunyai klinik kesehatan, ,menjadi pusat perniagaan umat, ada Baitul Mal Wata’mil (BMT) dan sebagainya. Dilengkapi fasilitas internet sehingga jaringan komunikasi luas. “E-Masjid ini sedang diterapkan beberapa tempat sebagai pilot proyek,” kata Dr Ing H Ilham Akbar Habibie MBA, Ketua Umum Forum Dialog Nusantara (FDN) di Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad Wonosari, Kamis (25/7) malam. Kegiatan ini dihadiri oleh Drs. Masdjuri, MSI, ketua PCNU Kabupaten Gunungkidul, Drs. KH. A. Kharis Masduqi, MSI, pengasuh Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad dan semua santri.

Ilham Akbar Habibie putra mantan Presiden BJ Habibie ini memuji banyaknya orang pintar dan ahli. Potensi ini perlu terus diberdayakan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Bahkan, Ilham masih berkeinginan kuat untuk mewujudkan impian membuat pesawat terbang sebagaimana dicita-citakan orang tuanya. “ Indonesia pada suatu saat menjadi negara produsen pesawat terbang yang baik,” Ucapnya.

Drs. KH. A. Kharis Masduqi, MSI mengatakan, jumlah santri 513 orang yang berasal dari Gunungkidul maupun luar daerah. Meski fasilitas yang dimiliki belum sebanding dengan jumlah santri, kegiatan terus berkembang. Untuk peningkatan fasilitas, sekarang sedang melakukan gerakan wakaf tanah 13.128 meter persegi senilai Rp. 1.969.200.000. Dengan program amal jariyah rp. 150.000 permeter persegi. Pondok juga mempunyai lembaga formal seperti PAUD, RA, MI, MTs, MA dan SMK.