kkn-uinWonosari, (PPDQWI) – Sudah dua bulan lamanya Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Sunan kalijaga Yogyakarta mengabdikan dirinya di Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad. Suka duka tentunya telah meraka rasakan selama ini. Terlebih disaat malam perpisahan rasa haru dan sedih terlihat dari wajah-wajah mereka baik dari mahasiswa-mahasiswi KKN sendiri maupun dari para santri.

Memang keberadaan mahasiswa-mahasiswi KKN-UIN Sunan kalijaga Angkatan ke 83 inibanyak membantu pihak pesantren maupun lembaga-lembaga formal yang ada di sekitar Pondok Pesantren, mulai dari Jenjang RA hingga MA/SMK. Terlebih mereka adalah mahasiswa-mahasiswi Pilihan yang memperoleh beasiswa dari Kementerian Agama yang terjaring dari sekitar 3000 peserta di seluruh Indonesia.

Salah satu wakil dari pihak KKN-UIN Sunan kalijaga dalam sambutannya mengatakan bahwa selama mengabdikan di Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad mereka telah banyak membantu terutama di lembaga-lembaga formal di sekitar Pesantren seperti membantu administrasi-administrasi sekolah, persiapan akreditasi, pembuatan buku induk siswa dan lain sebagainya.

Mereka juga mengadakan pelatihan-pelatihan seperti pelatihan kitab kuning berbasis IT (Maktabah Syamilah), Pembuatan buletin/ Mading dan penulisan karya ilmiah. Selain itu, mereka juga banyak membantu para siswa terutama yang akan mengikuti perlombaan-perlombaan seperti Musabaqoh Qiroatul Kutub (MQK) tingkat Nasional di Jambi, Aksioma tingkat Madrasah se-Gunungkidul dan MTQ tingkat Pelajar se-Gunungkidul.

Akhirnya, dari pihak pesantren hanya bisa mengucapkan terima kasih kepada pihak kampus yang telah berkenan menempatkan mahasiswa-mahasiswinya di Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad semoga tahun depan masih berkenan dan mau menempatkan kembali di Pondok kami tercinta. Amiiien..