prakerin-2Wonosari, (PPDQWI) – Pada tanggal 25 oktober 2014 SMK Darul Qur’an Wonosari mengadakan kegiatan pameran yang dilaksanakan oleh siswa kelas XII Multimedia. Kegiatan ini mengambil tema “OVERTHINKING”. Kata Overthinking berarti pemikiran yang over atau meluap, dengan maksud siswa yang telah selesai melaksanakan Prakerin dapat menyalurkan segala kreatifitasnya melalui pameran ini. Dalam pameran tersebut terdapat beberapa stand yang diambil dari setiap tempat Prakerin yaitu Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Production House PUSPADANTA, QOMAR Photo Studio, Dewi Sri Digimedia, SIC Multimedia, MEDIA Grafika, dan Kama Jaya. Karya yang di pamerkan pun bermacam-macam hasil dari produk multimedia.

Dimulai dari stand ISI Yogyakarta, yang memamerkan Photografi dan Seni Rupa. Dalam stand ini menerangkan bagaimana cara pengambilan gambar yang baik, jenis-jenis kamera, lensa, dan lain-lain. Stand ini diprakarsai oleh M. Ismail Lutfan P dan Atsanie Maulida Kirom dalam bidang Photografi, serta M. Firdaus dalam bidang seni rupa. Selanjutnya, stand PH. PUSPADANTA yang merupakan lembaga bina bakat dan tempat magang satu-satunya yang sudah berkurikulum se-Indonesia. Stand yang dibawa oleh Nurul Khusna dan Laily Uswatun Khasanah ini, menampilkan berbagai hasil karya selama Prakerin yang dibimbing oleh asessor editor dan broadcaster handal se-ASEAN. Seperti teknik membuat narasi, cara pengambilan 20 angle gambar dan masih banyak lagi.

Dari SIC Multimedia memamerkan cara pembuatan game, animasi, pembuatan DVD pembelajaran, reparasi laptop dan lain-lain. Stand ini di gawangi oleh Zainul Abidin, Nur Rohim, Zulfa Ardiyanto, dan Maskhur Kholil. Sedangkan dari stand-stand yang lain memamerkan berbagai desain undangan, editing foto, desain ID card, desain cover, label DVD, kalender, majalah dan masih banyak lagi. Kegiatan ini baru pertama kali diadakan, dan alhmadulillah mendapat apresiasi yang sangat bagus dari keluarga besar Darul Qur’an. Terbukti setelah tepat pukul 09.00, setelah pameran resmi dibuka oleh Kepala Sekolah, Hj. Wardah, S.P, seluruh stand dipenuhi oleh pengunjung dari seluruh siswa dan guru.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, dapat membuka wawasan dan minat siswa untuk terus belajar tentang Multimedia, dapat berbagi ilmu yang didapatkan selama prakerin dan menyalurkan kreatifitas, serta semoga kegiatan seperti ini dapat terus berjalan setiap tahunnya. (Nurul Khusna)