Wonosari, (PPDQWI) – Madrasah Diniyah Takmiliyah Abdullah bin Mas’ud kembali menjadi Juara umum yang ke empat kalinya berturut-turut pada ajang Pekan Olah Raga dan Seni Madrasah Diniyah Takmiliyah (PORSADIN) se-Gunungkidul tahun 2017. Ajang yang rutin diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidu ini berlangsung pada Ahad (29/10) di Komplek Masjid Agung Al-Ikhlas Wonosari Gunungkidul dan diikuti seluruh madin yang ada di kabupaten Gunungkidul.

Ajang yang mengusung tema “Mengembangkan Potensi Santri Diniyah Takmiliyah Dalam Rangka Memperkokoh Pendidikan Karakter” ini dibuka langsung oleh Kasi Pondok Pesantren Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul H. Untung Santoso, SE, MA. Adapun cabang yang dilombakan dalam PORSADIN kali ini meliputi 9 cabang  yaitu: Tahfidz, CCA, Pidato Bahasa Arab, Pidato Bahasa Indonesia, Kaligrafi, Murottal Wal Imla’, Puisi Islami, Atletik dan Futsal.

Dari 9 cabang yang dilombakan, Madin Abdullah bin Mas’ud berhasil meraih 7 juara 1 yaitu cabang pidato Bahasa Arab Putri (Athiyya), cabang Tahfidz Putra (Zuhad Abdullah), cabang Puisi Islami putri (Zulfa Zahrotul Fajri), cabang Murotal Wal Imla’ putra (Akbarudin), Murotal Wal Imla’ putri (Dihyandani Zidna), cabang Kaligrafi putri (Nazla Fathudiya) dan cabang Cerdas Cermat Diniyah (Ishmet Muhib M, Ahmad Aiman Zumar Abu Hazim dan Muzakky Achsan). Selain itu cabang lomba yang dimenangkan antara lain: Cabang pidato Bahasa Indonesia Putri memperoleh juara 2 atas nama Maulidina Callysta Kamalina, Pidato Bahasa Arab Putra memperoleh juara 2 atas nama Azzarkasyi Azka dan cabang Atletik putra memperoleh juara 3 atas nama Muhammad Nirwan Nitikusuma. Untuk cabang futsal 2 santri berhasil lolos seleksi atas nama Ubaidillah Falah, Daud Ridwan dan berhak memperkuat Tim Skuad Gunungkidul di tingkat Propinsi.

Dengan hasil ini, Madrasah Diniyah Abdulloh bin Mas’ud berhak menyandang juara umum yang ke empat kalinya berturut-turut. Pendamping Kafilah Candra Nur Udin, S.Pd.I mengaku bangga atas capaian yang diraih para santri-santrinya. “Alhamdulillah ini yang ke empat kalinya kita juara umum dalam ajang PORSADIN ini. Mudah-mudahan dengan ajang ini bisa lebih memotivasi para santri untuk lebih giat lagi dalam menuntut ilmu” Ujarnya usai penyerahan hadiah.

Lebih lanjut Candra menyampaikan untuk juara pertama akan bertanding kembali ditingkat Propinsi pada hari selasa, 31 Oktober 2017 bertempat di Komplek Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta. “Semoga nanti di tingkat propinsi berhasil mendapatkan juara 1 dan selanjutnya bisa mengikuti di tingkat Nasional yang rencana akan dilaksanakan di Pasuruan, Jawa Timur November mendatang.” Pungkasnya.