ONEA-URUKI merupakan singkatan dari Obat Nyamuk Elektrik Alami dari Umbi Rumput Teki. Rumput teki adalah tumbuhan liar ditempat terbuka atau sfikit terlindung dari sinar matahari seperti ditanah kosong, tegalan, lapangan rumput, dipinggir jalan, atau dilahan pertanian. Tumbuhan ini merupakan gulma yang sulit untuk diberantas.

Umbi rumput teki akan muncul pada sela-sela akar setelah kira-kira rumput teki berusia 1 tahun. Umbi ini memiliki manfaat yang banyak bagi manusia, antara lain: obat kencing batu, obat keputihan, memperlancar haid bahkan bisa dijadikan sebagai obat nyamuk karena mengandung komponen minyak atsiri yang berpotensi sebagai anti biotic terhadap kuman Staphyllococcus Aureus.

Nyamuk adalah serangga yang tergolong dalam order Oiptera; Genera termasuk Anopheles; Culex, Psorophora, Ochlerotatus, Aedes, Sabethes, Wyeomyia, Culrseta, dan Haemagoggus untuk jumlah keseluruhan sekitar 35 genera yang merangkum sekitar 2700 spesies.

Nyamuk selalu dapat menemukan sasarannya dengan tepat karena mereka melihat dengan gerakan, panas tubuh dan bau tubuh. Sewaktu nyamuk hinggap ditubuh, ia akan menempelkan mulutnya yang disebut proboscis. Lalu, terdapat pisau yang akan merobek kulit korban secara maju-mundur  hingga menemukan urat darah. Setelah itu ia akan menghisapnya hingga kenyang. Dalam prosesnya, nyamuk juga mengeluarkan air liur yang mengandung antikoagulan untuk mencegah darah yang ia hisap membeku, ketika nyamuk mencabut probiosis dan terbang, air liur nyamuk yang tertingal dikulit korban akan merangsang tubuh layaknya ada benda asing yang mengganggu. Maka, terjadilah proses yang dikenal dengan alergi, yang menyebabkan bentol-bentol dan gatal.

Saat ini, banyak sekali obat nyamuk terutama yang buatan pabrik. Mulai dari obat nyamuk bakar, elektrik, bles hingga semprot/sepray. Bagi anda yang sering menggunakan obat nyamuk bakar, sudah amankah penggunaannya? Karena asap yang dihasilkan, berisikan polutan yang dapat menjadikan masalah kesehatan yang serius.

Harus kita ketahui, bahwa beberapa zat yang aktif pada obat nyamuk kimia salah satunya adalah DDUP (Dichlorovynil Dimetyl Phosfat) yang termasuk racun kelas satu dan penggunaannya sudah dilarang di dunia. Selain itu, ada juga propoxur yang merupakan jenis racun yang terdapat didalam obat nyamuk dan dalam pengunaan jangka panjang akan mengganggu system reproduksi.

Penelitian menemukan kerusakan paru-paru yang diakibatkan dari satu obat nyamuk kimia sama dengan kerusakan yang diakibatkan dari 100 batang rokok. Oleh karena itu, TIM Karya Ilmiah Remaja dari MA Darul Qur’am berinisiatif membuat Obat Nyamuk Elektrik Alami dari Umbi Rumput Teki atau yang dikenal dengan nama ONEO – URUKI.

Cara Pembuatan

Pertama umbi rumput teki yang sudah dibersihkan digiling sehingga menjadi halus, dengan menggunakan tepung kanji yang sudah dijadikan lem. Umbi rumput teki yang sudah halus tersebut dicampur dan ditambahkan dengan sedikit air sehingga dapat dibentuk menyerupai obat nyamuk elektrik yang beredar di pasaran. Setelah itu, adonan dikeringkan.

Obat Nyamuk Elektrik ini sudah di ujicobakan dibeberapa tempat, seperti di kamar A dan kamar H Asrama Puteri. Dan beberapa kamar mandi di Madrasah Aliyah Darul Qur’an. Walhasil, obat nyamuk  elektrik tersebut mampu mengusir nyamuk dengan ketahanan obat nyamuk selama 4 jam.

Penelitian ini juga berkesempatan untuk mengikuti SRE (Sagasitas Research Exhibition) pada tanggal 12 Februari 2015 di gedung PKKH Universitas Gajah Madha (UGM), dalam cabang Ekologi dengan TIM beranggotakan 2 orang yaitu Farid Anshori dan Fahma Mahfudi Liandari. Sebelumnya penelitian ini lolos seleksi dan masuk 88 besar dari 1015 judul yang Dinas Propinsi Dan berkesempatan mengikuti pameran SRE di (Sagasitas Research Exhibition) di UGM.