Wonosari, (PPDQWI) – Dalam rangka memperingati hari pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November 2017, Tim Ikatan Pelajar Darul Quran (IPDQ) mengadakan kegiatan pentas drama yang diperankan oleh para siswa Madrasah-Sekolah Terpadu Daru Quran  di halaman MA Darul Quran. Kegiatan yang dilaksanakan setelah upacara peringatan hari pahlawan ini adalah sebagai suatu bentuk apresiasi terhadap seruan resolusi jihad yang telah disampaikan oleh para pahlawan yang telah mendahului kita, khususnya KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Wahab Chasbulloh yang menjadi  inisiator Resolusi Jihad tersebut.

Seruan resolusi jihad ini memiliki pengaruh yang besar dalam menggalang umat Islam khususnya untuk berjuang mengangkat senjata melawan kehadiran Belanda setelah diproklamirkannya kemerdekaan pada waktu itu. Bung Tomo, Pimpinan laskar BPRI dan Radio Pemberontakan, yang sering disebut sebagai penyulut utama peristiwa 10 November diketahui memiliki hubungan yang dekat dengan kalangan Islam.  Seruan “Allahu Akbar” di pembuka dan penutup orasinya yang sangat membakar melalui Radio Pemberontakan yang dipimpinnya adalah upayanya untuk merekrut kalangan pemuda Muslim disatu sisi dan bukti kedekatan hubungannya dengan kalangan Islam.

Semoga dengan mengenang kembali jasa-jasa para pahlawan, rasa cinta kita kepada tanah air Indonesia semakin kuat dan jaya selamanya…MERDEKA!!!