Wonosari (PPDQWI) –  Sebanyak tiga siswa-siswi MA Darul Quran berhasil meraih beasiswa kuliah di Yangzhou Polytechnic College (YPC) China. Beasiswa ini merupakan bagian dari program kerjasama Internasional antara Pengurus Wilayah Nahdlotul Ulama (PWNU) Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Vice President of Yangzhou Polytechnic College (YPC) China. YPC sendiri telah bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi Internasional. Terhitung lebih dari 10 negara yang sudah bekerjasama, termasuk Indonesia. Kali ini YPC berkunjung ke dua kota di Indonesia yaitu Jakarta dan Yogyakarta.

Wakil Ketua Tanfidziyah PWNU DIY yang membidangi pendidikan dan seni budaya Dr. H. Arif Rohman, M.Si menyampaikan bahwa ada sekitar 9 siswa-siswi yang diterima kuliah di Yangzhou Polytechnic College (YPC) China tahun ini, yaitu 4 siswa dari MAN 4 Bantul, 2 siswa dari MA Ali Maksum dan 3 siswa dari MA Darul Quran.  Untuk tiga siswa dari MA Darul Quran yaitu atas nama 1. Arif Nur Rofiq diterima dijurusan Automobile Manufacturing, 2. Zida Fauzia diterima dijurusan Human Resource, 3. Amina Rosa Mumtyaz Rafiq diterima dijurusan Pre-School Education. “Selamat kami ucapkan kepada tiga siswa-siswi MA Darul Quran yang telah diterima di Yangzhou Polytechnic College (YPC) tersebut” ungkapnya.

Lanjutnya, Ia berharap tahun depan lebih banyak lagi yang diterima kuliah di kampus tersebut “Hasil MoU dengan PWNU tahun depan akan diseleksi untuk bisa lebih banyak lagi yang akan diterima kuliah disana” pungkasnya.

Sementara itu, Zida Fauzia salah satu siswa peraih beasiswa tersebut mengungkapkan bahwa motivasinya untuk kuliah di China adalah karena keinginannya untuk mengurangi semakin tingginya angka pengangguran di Indonesia. “China itu pendidikannya mendunia, banyak orang yang menuntut ilmu disana tapi belum bisa mengembangkannya dengan baik. Untuk itu, motivasi saya kuliah disana agar bisa menjadikan orang-orang yang punya talenta dikembangkan dengan membuka usaha-usaha sendiri” ungkapnya.