Wonosari, (PPDQWI) – Pondok Pesantren Darul Quran Wal Irsyad, Selasa (22/8) dengan penuh khidmat seluruh santri dan masyarakat melaksanakan  sholat Idul Adha 1439 H yang bertempat di Masjid Baitul Irysad Ledoksari, Kepek, Wonosari, Gunungkidul.

Pelaksanaan sholat Idul Adha 1439 H ini diawali dengan lantunan gema takbir seluruh santri. Tepat pukul 06.30 WIB sholat Idul Adha dimulai. Adapun yang bertindak sebagai imam dan khotib adalah KH. A. Kharis Masduki pengasuh Pondok Pesantren Darul Quran Wal Irsyad.

Dalam khutbahnya KH. A. Kharis Masduki menyampaikan cerita dan teladan Nabi Ibrahim as dan Ismail as selaku sejarah yang menjadi saksi dan pelaku pertama perintah qurban oleh Allah SWT. “Kisah yang terjadi kepada Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail adalah pelajaran berharga bagi kita. Seorang bapak yang sangat membanggakan putranya dan sangat mencintainya diperintahkan oleh Allah untuk menyembelihnya. Perintah yang secara lahir bertentangan dengan hati nurani seorang bapak, akan tetapi itulah perintah Allah. Nabi Ibrahim bergegaslah melaksanakannya dengan penuh keyakinan bahwa semua adalah milik Allah SWT dan akan kembali kepada Allah SWT. Dan Alloh tidak akan mengambil sesuatu dari hambanya kecuali Alloh akan menggantinya dengan yang lebih baik didunia, atau mempertemukannya di surga.” ungkapnya.

Semua santri sangat berantusias dalam mengikuti sholat Idul Adha 1439 H ini. Meskipun mereka tidak dapat menikmati meriahnya merayakan hari raya idul adha dengan keluarga di rumah, namun tak ada sedikitpun raut sedih menghiasi wajah-wajah polos para santri. Pada tahun ini, Alhamdulillah Pondok Pesantren Darul Quran Wal Irsyad berkurban 2 ekor sapi dan 20 ekor kambing yang kemudian daging kurban tersebut nantinya akan dibagikan kepada masyarakat sekitar dan santri-santri Pondok Pesantren Darul Quran Wal Irsyad.