Wonosari, (PPDQWI) – Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta dalam hal ini bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam mengadakan seleksi calon peserta Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) ke V yang dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 2018. Alhamdulillah dari hasil seleksi tersebut, tiga santri Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad atas nama Hilmi Rozan Mubarok, Nurul Ahmad Khoirizal dan Safina Laila Barki berhasil lolos seleksi sebagai peserta Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) ke V tahun 2018 mewakili Kontingen Daerah Istimewa Yogyakarta.

Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) merupakan ajang silaturahim dan lomba pramuka santri Pondok Pesantren seluruh Indonesia, dalam rangka menguatkan nasionalisme dan cinta tanah air yang akhir-akhir ini sudah mulai terdegradasi. Tahun 2018 ini Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) sudah yang ke-lima kalinya diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. Rencana Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) ke V ini akan dilaksanakan pada tanggal 1 s.d 7 Oktober 2018 di Bumi Perkemahan Abdurrahman Sayoeti-Musa kabupaten Muaro Jambi, Propinsi Jambi.

Berharap melalui kegiatan Perkemahan Pramuka Santri Nusantara ini, dapat membangun minat para santri terhadap gerakan pramuka dalam upaya meningkatkan etos kerja yang tinggi yang dibalut dengan kesederhanaan dalam keseharian dikalangan santri, serta mendukung kemandirian santri dan juga dapat mendorong santri untuk lebih aktif, mandiri, unggul demi negara dan agama sehingga dapat meningkatkan rasa ukhuwah, solidaritas sosial dan kerjasama.