Gunungkidul (PPDQWI)- Ajang Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (PORSADIN) Tingkat Kabupaten Gunungkidul Tahun 2019 resmi dibuka oleh Kakan kemenag Gunungkidul H. Aidi Johansyah di Komplek Masjid Agung Al-Ikhlas Wonosari, Ahad (25/8). Ajang yang mengambil tema “Memperkokoh Kebersamaan dan Kesatuan dalam Mewujudkan Generasi Indonesia yang Berkarakter” diikuti lebih dari 50 Madrasah Diniyah Takmiliyah se-Gunungkidul.

Dalam sambutannya Aidi mengatakan kepada para peserta bahwa nanti yang terbaik akan maju lomba tingkat provinsi, lalu ke tingkat nasional, “Yang terbaik pertama akan mewakili Gunungkidul maju ke tingkat provinsi, semoga bisa sampai tingkat Nasional” ujar Aidi. Porsadin ini menjadi kesempatan untuk anak-anak mengeluarkan segala kemampuan yang mereka miliki, yang senang olahraga bisa ikut lomba olahraga, yang pintar akademik bisa mengikuti lomba cerdas cermat dan sebagainya.“Silahkan nanti berlomba sebaik-baiknya, ini adalah modal untuk mengeluarkan segenap kemampuan, semangat” pungkasnya.

Dalam ajang PORSADIN tersebut Madrasah Diniyah Takmiliyah Abdullah bin Masud (MDT Abima) meraih juara umum diantaranya juara 1 Cerdas Cermat Diniyah (CCD) atas nama Haiba Zahwa Adnindya Zein, Yumna Taqiya Nursidiq dan Aulia Mutiara Arafah, juara 1 Murotal wal Imlak putra atas nama Muchammad Kuntaka Mandlobat, Juara 1 Murotal wal Imlak putri atas nama Ayu Nur Lathifah, Juara 1 MHQ putra atas nama Mutawakkal Alalloh Salilul Izzi, Juara 2 MHQ putri atas nama Qonita Kamil, juara 1 Pidato Bahasa Indonesia putra atas nama Ubaidillah Falah, Juara 3 Pidato Bahasa Indonesia putri atas nama Azarin Latifa Isnaini dan juara 2 Puisi Islami putri atas nama Zulfia Zahrotul Fajri.

Sementara itu, pendamping lomba Heni Tri Astuti merasa bangga atas raihan prestasi anak-anaknya tersebut, ia berharap dalam Porsadin tingkat DIY yang rencana akan dilaksanakan bulan September mendatang bisa meraih hasil yang maksimal. “Untuk yang juara 1 akan tampil ditingkat DIY, harapannya nanti anak-anak bisa meraih hasil yang sama, untuk selanjutnya bisa tampil di tingkat Nasional yang rencana akan dilaksanakan di Bangka Belitung Oktober mendatang” ujarnya.