Gunungkidul, (PPDQWI) – Pelaksanaan kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darul Quran berjalan lancar berkat kerjasama antara UPT Puskesmas Wonosari II, Madrasah, Siswa dan Wali siswa. Kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat (4/9) ini diikuti sejumlah 118 siswa melalui protokol kesehatan pencegahan Covid 19 yang sangat ketat, mulai dari petugas memakai Alat Pelindung Diri (APD) yang lengkap, siswa wajib memakai masker, cek suhu, cuci tangan pakai sabun serta mengisi daftar hadir sekaligus antri imunisasi dengan tetap menjaga jarak (social distancing). Sedangkan bagi wali siswa menunggu di luar gerbang madrasah, guna melatih kemandirian anak serta mengurangi jumlah kerumunan.

Kegiatan ini rutin dilaksanakan dalam setahun sekali, kerjasama dengan UPT Puskesmas Wonosari II. Siswa yang mengikuti kegiatan BIAS ini adalah siswa kelas 1 untuk imunisasi MR dan kelas 5, 6 untuk imunisasi HPV. Para siswa kelas 1 yang belum pernah bertatap muka di madrasah pun tampak tenang mengikuti screening dan tindakan imunisasi. Semua peserta imunisasi yang seharusnya berjumlah 118 tidak semua bisa hadir. Hal ini karena ada 15 siswa yang berasal dari luar Gunungkidul sehingga pihak puskesmas Wonosari II bekerjasama dengan Dinas Kesehatan serta Puskesmas kabupaten masing-masing siswa untuk tetap mendapatkan imunisasi.

Dalam pelaksanaan BIAS ini, kepala MI Darul Quran Anwarudin, S.Pd.I mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu mensukseskan kegiatan ini. “Terima kasih kepada tim kesehatan dari UPT Puskesmas Wonosari II dan dewan guru yang telah menjalankan tugasnya dengan baik sejak awal sampai akhir pelaksanaan BIAS. Terima kasih pula terhadap wali siswa yang telah mengantarkan putra-putrinya dan menyiapkan segala keperluan mengikuti imunisasi, semoga para siswa selalu diberikan kesehatan” tuturnya.

Pihak puskesmas juga mengucapkan terima kasih kepada tim MI Darul Qur’an yang membantu terselenggaranya BIAS dengan baik. Petugas puskesmas memberikan catatan kepada 4 siswa kelas 1 untuk melakukan pemeriksaan gigi di puskesmas terdekat dari rumah.