Wonosari, (PPDQWI) – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda Tahun 2021, Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad menggelar kegiatan upacara bendera yang dilaksanakan pada Kamis, (28/10) di halaman panggung utama Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad dan diikuti serentak oleh santri putra dan putri beserta seluruh dewan asatidz.

Dalam sambutannya Anwarudin, S.Pd.I selaku Pembina upacara menyampaikan pentingnya peran pemuda dalam sosialisasi bernegara “Tanggal 28 Oktober 1928 para pemuda mengadakan ikrar Sumpah Pemuda di Batavia (Jakarta), guna sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Dengan adanya ikrar Sumpah Pemuda tersebut, kita menyadari begitu pentingnya rasa persatuan. Tanpa adanya persatuan, tak mungkin bangsa Indonesia dapat mengusir penjajah”, sambutnya.

Sedikit mengulas tentang Sumpah Pemuda, sebelum tercetus sebagai Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928, ada sejarah di balik perjalanannya. Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, sumpah Pemuda merupakan hasil rumusan dalam Kongres Pemuda II Indonesia. Kongres tersebut merupakan pertemuan besar pada 1928. Dalam pertemuan itu hadir para pelajar dari seluruh wilayah Nusantara yang tergabung dalam Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI). Kongres Pemuda II itu digelar tiga sesi di tiga tempat berbeda. Organisasi kepemudaan yang hadir saat itu di antaranya Jong Java, Jong Batak, Jong Ambon, dan Jong Islamieten Bond. Sesi pertama dilakukan pada 27 Oktober 1928 di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB) yang sekarang bernama Lapangan Banteng. Ketua PPPI, Sugondo Djojopuspito saat itu berharap Kongres Pemuda II diharapkan dapat mempererat semangat para pemuda.

Semoga Upacara Peringatan hari Sumpah Pemuda yang diadakan setiap tahun dapat mengingatkan para pemuda untuk tetap kosisten dan juga semangat menjaga keutuhan agama dan negara.