Wonosari, (PPDQWI) – Dalam rangka memperingati Dzikra Maulidurrasul SAW 1443 H dan Hari Santri Nasional (HSN) 2021 M, Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad mengadakan pembacaan Maulid Ad-Diba’I dan Al-Badriyah (Jaliyatul Kadar). Acara ini diselenggarakan pada Senin (18/10) pukul 15.30 WIB di panggung utama Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad. Dipertengahan pembacaan Al-Badriyah, hujan deras mengguyur bumi Handayani, namun acara tetap berjalan, dan dilanjutkan sholat maghrib berjama’ah, pembacaan Rathibul Haddad dan Hizbul Bahri. Sembari menunggu waktu Isya’ tiba, para santri membaca surat al-Waqi’ah dan sholawat Nariyah.

Setelah sholat Isya’, hujan kembali turun, sehingga kedatangan santri putri sempat tertunda beberap waktu. Tidak lama setelah pembacaan Rathibul Attas yang dipimpin langsung oleh Abina Kharis Masduqi, hujan pun reda. Pembacaan maulid Ad-Dhiba’i dimulai pukul 20.00 WIB oleh Firqah Hadrah Syawariqul Anwar dan diakhiri dengan mauidhoh hasanah oleh KH. Zuhdi Rahmanto, M.Ag. Mau’idhah hasanah selama kurang lebih satu jam itu berhasil menyihir para santri, terutama dengan gaya humoris beliau yang khas, namun di dalamnya terdapat banyak kandungan makna dari sirah nabawiyah Rasulullah Muhammad SAW.

Pesan dari acara malam itu, melalui event Maulid dan Hari Santri, kita semua dapat meneladani uswah Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari. Begitu pula pada momen Hari Santri sebagai alarm pengingat bagi kita semua untuk terus istiqamah dan semangat menerima estafet perjuangan para syuhada’ dan juga pahlawan yang telah berupaya sekuat tenaga jiwa dan raga dalam memperjuangkan agama dan negara.  (Zahri)