Khatmil: Abina memimpin do’a Khatmil Qur’an

Wonosari (PPDQWI) – Kamis (13/1), Pondok Pesantren Darul Qur’an kembali mengadakan simaan rutin Jum’at Kliwon yang juga dalam rangka memperingati Haul ke-83 KH. Muhammad Munawwir Bin Abdullah Rosyad. Tidak hanya alumni santri putra (HAMDAN), kini alumni santri putri turut berpartisipasi dalam acara simaan rutin. Karenanya total jumlah majelis yang terbentuk adalah 61 majelis dengan rincian 36 majelis putra dan 25 majelis putri yang tersebar di seluruh zona pondok pesantren seperti di panggung utama dan beberapa kelas di gedung rusunawa, ataupun di beberapa titik asrama. Dibandingkan dengan simaan bulan lalu yang hanya terdiri dari 50 majelis, terlihat peningkatan yang cukup signifikan dari banyaknya majelis. Hal itu berbanding lurus dengan kuantitas dan kualitas hafalan para santri tahfidz di Darul Qur’an yang semakin hari semakin membanggakan.

Selain sebagai ajang untuk melatih kepercayaan diri santri dalam membaca  Al-Qur’an dengan disimak oleh banyak orang, acara simaan rutin ini juga ditujukan agar para penghafal Al-Qur’an ataupun calonnya tetap terjaga kekuatan hafalannya walau ditengah kesibukan duniawi yang mendera. Tidak jarang juga acara simaan ini dianggap sebagai sarana refreshing oleh sebagian santri karena liburnya aktifitas KBM.

Khusyu’: Do’a bersama keluarga besar DQWI

Adapun rangkaian acaranya dimulai dari Kamis (13/1) siang setelah selesai sholat dzuhur berjamaah di panggung utama Darul Qur’an yang dibuka oleh pengasuh, Abina Drs. KH. A. Kharis Masduqi M.Si. dan dilanjutkan dengan simaan Al-Qur’an 30 juz di majelis-majelis yang sudah ditentukan sebelumnya selama 24 jam penuh.

Jum’at (14/1), setelah sholat Jum’at panggung utama kembali dipadati oleh para santri dengan agenda d’oa khotmil Qur’an dikhususkan untuk shahibul haul Mbah Munawwir yang dipimpin kembali oleh pengasuh  pondok. Dilanjutkan maulidurrasul oleh tim hadrah Syawariqul Anwar dengan pembacaan maulid Adhhiya’ul Laami’ karya Habib Umar bin Muhammad bin Salim. Semoga Al-Qur’an semakin tersebar di bumi Allah dan dengan berkahnya dapat memberikan petunjuk serta ketenangan bagi semua pecintanya. Aamiin.

 

Reporter: Moh. Azad Muqtafin, santri kelas persiapan.