Launching: Abina bersama crew BI di Green House Darul Qurán Wal Irsyad

Wonosari, (PPDQWI) – Ma’had kita tercinta dipilih oleh Bank Indonesia perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta untuk bekerja sama melaksanakan program Pengembangan Ekosistem Rantai Nilai Halal (RNH). Adapun salah satu program tersebut berupa Smart Farming berbasis Green House (GH) yang sudah dibangun di lingkungan ma’had kita. Acara launching tersebut diselenggarakan secara virtual pada Sabtu kemarin, (5/2). Acara berpusat di PP. Ta’mirul Islam, Surakarta, yang diikuti via zoom oleh 12 pesantren.

Acara ini merupakan salah satu bentuk dukungan Negara terhadap Pengembangan Ekonomi Pondok Pesantren. Bank Indonesia sebagai representasi Negara memiliki beberapa program dalam pemberdayaan Ekonomi Syariah, diantaranya adalah dukungan terhadap program HEBITREN. Kali ini HEBITREN Solo Raya mendapat kepercayaan untuk mengelola program Smart Farming berbasis Green House, dengan unggulan produk pertanian Melon Intanon. Untuk mewujudkan kesuksesan program ini, sebanyak 12 perwakilan pengelola pesantren telah mengikuti pelatihan inensif di Pondok Pesantren Al-Ittifaq Ciwidey Bandung.

Termasuk PP. Darul Qurán Wal Irsyad yang pertengahan Januari lalu,  juga mengikuti pembinaan di PP. Al-Ittifaq Bandung selama 14 hari. Dari Gunungkidul sendiri mengirimkan 4 utusan. Diikuti oleh 2 santri Takhassus, 1 pendamping asatidz, dan 1 petani milenial Gunungkidul.

Pembangunan Green House terletak di sebelah timur pondok bersanding dengan gedung lama. Secara keseluruhan, tahap pembangunan ditaksir mencapai 70%. “Peralatan mesin sudah datang, hanya saja belum bisa kita oprasikan karena menunggu percobaan program dulu dari pihak BI. Juga menunggu instalasi listrik dan media tanam rambat.” Ujar kang Yoga, salah satu santri yang melakoni khidmah di GH.

Sabtu kemarin (5/2), Darul Qurán Wal Irsyad ikuti acara lauching via zoom di pendopo ma’had. Dibuka pukul 13.30. Pukul 14.00 laporan pimpinan DEKS oleh Bpk. Ariel Hartawan, berikut sambutan PP. Ta’mirul Islam, KH. Mohammad Halim, SH. Setelah arahan dan launching dari bapak Gubernur Bank Indonesia, acara ditutup dengan doá dan foto bersama. Berakhir sidak lokasi Green House ditemani langsung oleh Abina.