Wonosari (PPDQWI) – Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah (PKPPS) Darul Quran tingkat Wustha berhasil meluluskan siswa kelas IX untuk yang ke-2 kalinya dengan berbagai prestasi yang gemilang. Hal tersebut disampaikan bersamaan dengan penyelenggarakan kegiatan tasyakuran dan pelepasan siswa Kelas IX MTs dan XII MA/SMK Darul Quran pada Sabtu (08/06/2024) bertempat di Taman Budaya Gunungkidul.

Dalam laporan capaian prestasi akademiknya, M. Akhyar menyampaikan bahwa jumlah siswa PKPPS Darul Quran tingkat wustha sebanyak 16 siswa yang terdiri dari 6 putra, dan 10 putri. Jumlah siswa tahfidz sebanyak 11 siswa terdiri dari 9 putri dan 2 putra, dengan capaian diatas 20 Juz 2 siswa, diatas 15 juz 3 siswa, diatas 10 Juz 5 siswa dan diatas 5 Juz 1 siswa. Adapun untuk jurusan kitab berjumlah 4 siswa putra dan 1 siswa putri dengan capaian khatam dan hafal kitab Imrithi. “Kami berharap putra-putri bapak ibu dapat mewujudkan cita-citanya dan menjadi kebanggaan orang tua, berbakti kepada nusa, bangsa dan agama”, ungkapnya.

PKPPS Darul Qur’an tingkat wustha juga telah menyelesaikan tugas akhir berupa karya tulis ilmiah dibawah bimbingan Bapak/ibu guru yang bekerjasama dengan LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) IIQ An-Nur Bantul dibawah bimbingan Bapak Akhmad Shofiyuddin, MA, M.Pd dan telah menyelesaikan 3 judul penelitiaan yang dijadikan satu dengan hasil karya siswa Kelas IX MTs Darul Quran yang diberi berjudul “MTs Darul Quran Meriset”.

Adapun prestasi yang ditorehkan oleh siswa kelas IX PKPPS Darul Quran tingkat wustha diantaranya: 1) Juara 3 MTQ Cabang 1 Juz Tilawah Oleh Mualliv Kafa Bick tingkat Kabupaten Gunungkidul. 2) Hafal 22 Juz Al- Qur’an dalam waktu 3 Tahun atas nama Mualliv Kafa Bick. 3) Hafal 21 Juz Al – Qur’an dalam Waktu 3 tahun atas nama Queen Aisha Permata Ahimsa.

Diakhir kegiatan tersebut, siswa dan siswi yang berprestasi juga mendapatkan reward atau penghargaan. Terbaik tahfidz putra diraih ananda Mualliv Kafa Bick, terbaik tahfidz putri diraih ananda Queen Aisha Permata Ahimsa, terbaik kitab diraih ananda Bumi Lingga Din Nusa dan terbaik akademik diraih ananda Queen Aisha Permata Ahimsa. (Bhr)