hari-guruWonosari, (PDQWI) – Dalam rangka hari Guru yangjatuh pada tanggal 25 November. Madrasah Terpadu Darul Qur’an mulai dari MI, MTs dan MA mengadakan upacara hari guru yang bersamaan dengan upacara rutin hari senin.

Upacara kali ini agak berbeda dengan biasanya, karena petugas upacaranya adalah para bapak-ibu guru. Kepala Madrasah Terpadu Darul Qur’an Drs. H. A. Kharis Masduki, M.S.I selaku pembina upacara dalam sambutannya mengatakan bahwa“Profesi Guru adalah profesi yang tertinggi yang tidak ada bandingannya, karena guru adalah pewaris para Nabi”.

Selanjutnya beliau juga berpesan kepada para gurudan para peserta didik. Pesan beliau kepada para guru bahwa “Tugas pokok guru ada 3, sebagaimana yang diterangkan dalam al-Qur’an Surat al-Baqoroh ayat 151:

كَمَا أَرْسَلْنَا فِيكُمْ رَسُولاً مِّنكُمْ يَتْلُو عَلَيْكُمْ آيَاتِنَا وَيُزَكِّيكُمْ وَيُعَلِّمُكُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَيُعَلِّمُكُم مَّا لَمْ تَكُونُواْ تَعْلَمُونَ

Dari ayat diatas dapat ditarik kesimpulkan bahwa tugas guru antara lain:

  1. Membacakanayat-ayat Allah
  2. Mendidikanakdidik agar memilikikesucianjiwa
  3. Mengajarkan Al-Quran danhikmah

Sedangkan kepada para peserta didik, beliau berpesan, bahwa “Guru kalian adalah Orang tua kalian. Orang Tua itu ada 3, Pertama, orang tua yang melahirkan kalian, Kedua, orang tua yang mendidikan kalian dan yang Ketiga, orang tua yang mencarikan pasangan buat kalian. Jadi berbaktilah kalian kepada bapak-ibu guru, hormati dia seperti engkau menghormati orang tua yang melahirkan kalian.”. (I2m)