Wonosari, (PPDQWI) – Sebagai Madrasah Piloting Implementasi Kurikulum Merdeka, MTs Darul Quran melaksanakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Penguatan Pelajar Rohmatan Lil Alamiin (P5P2RA) dengan mengambil Tema Kewirausahaan.

Sebanyak 137 Siswa kelas VII antusias dalam melaksanakan proyek dan berhasil menggelar hasil karyanya pada 18 Maret 2023 di halaman Madrasah dengan memanfaatkan konsumen dari siswa MTs Darul Quran, MA Darul Quran dan Juga SMK Darul Quran.

Hasil karya tersebut terbagi menjadi 14 stand produk, diantaranya: Batik Ecoprint dan Jumput, pemanfaatan kertas daur ulang, pemanfaatan sampah menjadi ecoenzim, pembuatan sabun cair, minuman dan makanan seperti jamur krispi, es kuwut, olahan pisang, olahan jagung dan lain sebagainya.

“Gelar karya bertema kewirausahaan ini merupakan bagian dari indikator pembelajaran implementasi kurikulum merdeka dengan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Penguatan Pelajar Rahmatan Lil’alaamin yg targetnya membuat sebuah produk usaha yang dipresentasikan atau dikenalkan ke masyarakat”, tutur Anisa Nurlia Uffah Koordinator P5P2RA.

Disamping itu, kegiatan ini juga untuk menumbuhkan bakat-bakat kewirausahaan dari para siswa. Sebagai bekal kedepannya supaya mempunyai alternatif sendiri untuk menggali potensi dirinya untuk menjadi seorang entrepreneur atau seorang wirausaha.

“Pada kegiatan ini siswa juga berproses untuk mengasah dimensi kemandirian, kerjasama, dan kreatif”, pungkasnya. (iim_rd)