Kliwonan: Para santri mengikuti acara rutin sima’an Al-Qur’an

Wonosari (PPDQWI) – Kamis (17/2), Pondok Pesantren Darul Qur’an kembali mengadakan simaan Al-Qur’an rutinan Jum’at Kliwon. Tidak hanya diikuti oleh santri aktif, Himpunan Alumni Da’rul Qurán (HAMDAN), sudah 3 bulan terakhir ini istiqamah bergabung pada acara simaán Al-Qurán. Karenanya total jumlah majelis yang terbentuk adalah 72 majelis dengan rincian alumni putra 1 majelis, alumni putri 1 majelis, 38 majelis santri putra dan 32 majelis santri putri. Yang tersebar di seluruh zona pondok pesantren, seperti di panggung utama dan beberapa kelas, di gedung rusunawa, ataupun di beberapa titik asrama. Dibandingkan dengan simaan bulan lalu yang terdiri dari 61 majelis, terlihat peningkatan yang cukup signifikan dari banyaknya majelis. Hal itu berbanding lurus dengan kuantitas dan kualitas hafalan para santri tahfidz di Darul Qur’an yang semakin hari semakin membanggakan.

Pada bulan Rajab ini, simaan rutin Jumát Kliwon tidak hanya sebagai rutinitas seperti biasa. Simaán kali ini juga diniatkan untuk menyambut bulan suci, yang datang beberapa pekan kedepan. Sehingga selain untuk murojaáh, simaán bulan ini juga sebagai momentum mengingat agar lebih mencintai Al-Qurán.

Selain sebagai ajang untuk melatih kepercayaan diri santri dalam membaca  Al-Qur’an dengan disimak oleh banyak orang, acara simaan rutin ini juga ditujukan agar para penghafal Al-Qur’an ataupun calonnya tetap terjaga kekuatan hafalannya walau ditengah kesibukan duniawi yang mendera. Tidak jarang juga acara simaan ini dianggap sebagai sarana refreshing oleh sebagian santri karena liburnya aktifitas KBM. Semoga Al-Qurán benar-benar menjadi obat bagi siapapun yang mencintainya, Dan kita mendapatkan syafaátnya di dunia dan akhirat. Aamiin.