(Wonosari DQWI) – Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun ini bertepatan dengan pekan rutinan Jum’at Kliwon. Rentetan peringatan HSN dimulai sejak Kamis, (20/10) ba’da maghrib dengan sima’an Al-Qur’an sebanyak 25 majelis. Jum’at ba’da maghrib menjadi malam puncak peringatan HSN 2022. Usai tahlil, do’a khatmil Qur’an oleh Abina berikut pembacaan maulid, acara dilanjutkan dengan Talk Show. Gus Ahmad Kafabihi (Lirboyo, Kediri) menjadi tamu spesial sekaligus narasumber pada acara tadi malam.

Seperti biasa, acara diikuti oleh seluruh keluarga besar Darul Qur’an. Para santri, guru, dan seluruh staf karyawan, yang berlokasi di panggung utama. Hujan deras dan angin kencang  sedikit menjadi kendala pada acara tadi malam. Namun hal itu tidak menyurutkan semangat para hadirin. Terlihat antusias jama’ah ketika pembacaan maulid berlangsung. Kedatangan Gus Ahmad Kafa pukul 20.00 tepat, juga semakin menambah atmosfir semangat para jama’ah.

Di awal sesi sebelum Talk Show dimulai, Abina memberikan tarhib sambutan selamat datang. Setelah itu dilanjutkan oleh Pak Bahri selaku moderator, beliau membacakan biografi Gus Ahmad Kafa. Mulai dari riwayat pendidikan, hingga beberapa kesibukan beliau. Tak lama kemudian, waktu sepenuhnya diberikan kepada gus Ahmad Kafa. Beliau menyapa para hadirin dengan logat Jawa Timuran yang khas. “Saya sudah dua kali datang di Darul Qur’an, alhamdulillah. Semoga silaturrahim ini bisa terus nyambung hingga di akhirat kelak.” Sapa beliau kepada para hadirin.

Usai menyampaikan muqaddimah, Gus Ahmad Kafa mulai mengupas bahasan Talk Show tadi malam degan tema ‘Membumikan Al-Qur’an & Kitab Kuning ala Santri Milenial’. Beliau membahas secara rinci, mulai dari pembahasa Al-Qur’an, dan Kitab Kuning, beliau bahas secara bergantian. Pada acara Talk Show tadi malam, beliau juga memberikan hadiah buku kepada 6 penanya. 3 masing-masing santri putra dan putri. Gus Ahmad Kafa juga memberikan kenang-kenangan beberapa buku untuk koleksi perpustakaan madrasah.

Pada acara tadi malam, mulanya juga dihadiri oleh istri Gus Ahmad Kafa, Neng Sheila Hasina. Namun ada suatu dan lain hal, Neng Sheila berhalangan hadir. Hal itu juga beliau sampaikan di acara tadi malam. Talk Show berakhir pukul 21.30 ditutup dengan do’a oleh Abina.