Wonosari, (PPDQWI) – Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) Muslimat NU Darul Quran menggelar acara Mangayubagyo menyambut kedatangan jamaah haji tahun 1445 H/2024 M bertempat di Aula Pondok Pesantren Darul Quran Wal Irsyad Kampus 2 Siraman Wonosari pada Sabtu, (20/7/2024). Acara dihadiri oleh para jemaah haji dan segenap pembimbing serta pengurus KBIHU.

Dalam kesempatan tersebut, KH. Buchori Muslim selaku petugas pembimbing KBIHU Tahun 2024 menyampaikan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan bimbingan. “Secara umum alhamdulillah rangkaian ibadah umroh, haji dan ziarah berjalan lancar. Jamaah kompak dan memiliki semangat saling menolong dan membantu. Hingga saat ini masih ada satu orang jemaah yang masih belum dipulangkan karena masih dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi, mohon doanya semoga segera diberikan kesembuhan dan bisa berkumpul kembali bersama keluarga” ungkapnya.

Setelah itu kemudian Kiai Buchori secara simbolis mengembalikan tongkat komando kepada Ketua KBIHU, KH. Muhammad Tohari. Dalam sambutannya, Kiai Tohari mengucapkan terimakasih kepada kiai Buchori dan ustadz Muchlasin yang telah membimbing jamaah dengan maksimal. Beliau juga mengapresiasi kekompakan jemaah selama ini.

Dalam kesempatan itu H. Samiarso selaku ketua Paguyuban Jemaah Haji 2024 juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada pengurus dan pembimbing KBIHU yang sejak dari Tanah Air hingga ke Tanah Suci telah membimbing dan mengarahkan dengan baik. Setelah itu H. Samiarso bersama H. Wahid Syarifudin Ahmad mewakili jemaah menyerahkan dana infaq kepada Ketua Tanfidziyah PCNU Gunungkidul KH. Sa’ban Nuroni.

Sementara itu, KH. Akhmad Kharis Masduki selaku koordinator pembimbing KBIHU menyampaikan selamat kepada petugas pembimbing KBIHU dan semua jamaah yang telah berhasil menjalani rangkaian ibadah haji dengan baik. “Petugas pembimbing KBIHU KH. Buchori selalu berkomunikasi dengan kami sebagai ikhtiar untuk memastikan bimbingan berjalan dengan baik dan sesuai aturan”, ungkapnya.

Pelaksana harian KBIHU, H. Aryanto Purbo Prasetyo memberikan informasi bahwa kegiatan manasik haji untuk calon jemaah haji keberangkatan tahun 1446 H/2025 M akan mulai dilaksanakan pada 22 September 2024 mendatang. “Mari kita sebarluaskan informasi ini khususnya kepada calon jamaah haji estimasi keberangkatan Tahun 2025”, tandasnya.

Dan terakhir, sebagai ikhtiar menjaga kemabruran haji, ketua Jam’iyyatul Hujjaj An Nahdliyah Gunungkidul, H. Labib Junaedi mengajak kepada semua jemaah haji KBIHU Muslimat NU Darul Quran untuk mengikuti pengajian rutin yang diselenggarakan  setiap Ahad Pon. (Ary)