workshop-kurWonosari, (PPDQWI) – Mengisi liburan semester, Sekolah Terpadu Darul Qur’an memiliki cara tersendiri dalam mengemas kegiatan yang bertujuan lebih meningkatkan kualitas sekolah yakni diselenggarakannya workshop bertemakan ”Peningkatan Mutu Sekolah Terpadu Darul Qur’an”. Kegiatan yang dilaksanakan selama empat hari sejak (2-5/1) ini dihadiri oleh semua guru dan karyawan di lingkungan Sekolah Terpadu Darul Qur’an. Workshop ini dibuka oleh Kepala Sekolah Terpadu Darul Qur’an Drs. H.A Kharis Masduqi, M.SI sekaligus  memberikan pengarahan pada acara workshop tersebut.

Dalam sambutannya beliau menegaskan bahwa dalam rangka peningkatan kualitas Sekolah Terpadu Darul Qur’an, perlu adanya pemahaman serta  penguasaan guru dan pengelola dalam menata dan memenej kegiatan supaya tertata dengan rapi, begitu juga dalam penyusunan administrasi pembelajaran dan program kerja pengelola harus tepat sasaran serta dapat dipertanggungjawabkan.

Beliau juga menegaskan ketepatan guru dalam kegiatan belajar mengajar juga belum optimal, hal itu bisa terlihat masih adanya guru yang datang terlambat dalam mengajar sehingga banyak dari peserta didik yang  tidak terkendalikan. Oleh karena itu dengan diadakan workshop ini dapat menjadi alternatif untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut diatas.

Selanjutnya, pada acara workshop tersebut yang sudah dirancang begitu rapi dan sistematis itu menghasilkan suatu penyusunan administrasi pembelajaran dan  program kerja dengan baik. Hal itu dibuktikan dengan presentasi masing –masing bidang pengelola pada hari terakhir workshop.  Salah satu waka humas mengungkapkan “Alhamdulillah presentasi sudah selesai selanjutnya mempersiapkan untuk bekerja lebih maksimal lagi ”. Disamping itu pada workshop tersebut juga ada  pembinaan kode etik guru dan pengelola Sekolah Terpadu Darul Qur’an yang dilaksanakan di Rumah Makan Langgeng Timur Ponjong sekaligus penutupan beberapa agenda penting seperti penutupan panitia akreditasi Madrasah Tsanawiyah, panitia ujian akhir semester gasal dan lain sebagainya.

Demikianlah suasana workshop di Sekolah Terpadu Darul Qur’an tahun ini, semoga dengan semakin meningkatnya pemahaman guru dan karyawan tentang administrasi dan program kerja, diharapkan para guru dan karyawan akan makin profesional. Dengan makin profesional, anak didik akan makin berprestasi yang pada gilirannya mutu pendidikan makin meningkat. Mutu pendidikan meningkat, kepercayaan masyarakat akan makin tumbuh. [[@iim]]