Wonosari, (PPDQWI) – Alhamdulillah prestasi kembali diraih oleh santri Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad Wonosari. Tujuh santri dipastikan mewakili DI. Yogyakarta dalam event Musabaqoh Qirotul Kutub (MQK) ke VI tingkat Nasional di Jepara, Jawa Tengah. Ini adalah kedua kalinya Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad Wonosari ikut dalam ajang bergengsi 3 tahunan ini dan alhamdulillah berhasil mengantarkan 7 santri terbaiknya menuju tingkat nasional.

Setidaknya, sampai saat ini tercatat gelaran MQK Nasional telah dilaksanakan sebanyak enam kali. MQK pertama digelar di PP. Al Falah Bandung tahun 2004, MQK ke-2 digelar di PP. Lirboyo Kediri, Jawa Timur tahun 2006, MQK ke3 digelar di PP. Al-Falah Banjarbaru, Kalimantan Selatan tahun 2008, MQK ke-4 digelar di PP. Nahdlatul Wathan Pancor, NTB tahun 2011, MQK ke-5 digelar di PP. As`ad Tebo, Jambi. Sedangkan MQK ke-6 digelar di PP. Roudhotul Mubtadiin Jepara, Jawa Tengah. Event ini merupakan wahana kompetisi para santri terkait kemahiran mereka dalam membaca, memahami, dan menjelaskan kandungan kitab kuning (al-Kutub al-Turats) sebagai tradisi keilmuan yang ada pada pondok pesantren di Indonesia.

Adapun tujuh santri Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad Wonosari yang menjadi delegasi lomba MQK N ke VI di PP. Roudhotul Mubtadiin Jepara, Jawa Tengah adalah:

  1. Choirul Hadi untuk bidang Ilmu Hadits Ulya Putra (Manhaj Dzawi An Nazhar)
  2. Diyah Ayu Kuswahyuningrum untuk bidang Nahwu Ulya Putri (Syarh Ibn Aqil)
  3. Zahrotunnisa Aulia El Khansa untuk bidang Ushul Fiqh Wustho Putri (Al Waroqot)
  4. Ratu Sheba Shofie Ahimsa untuk bidang tauhid ula Putri (Aqidah Al Awam)
  5. Mumtaz Zuhda Aufa untuk bidang tauhid ula Putra (Aqidah Al Awam)
  6. Fadlia Nuzula untuk bidang Nahwu Ula Putri (Matn Al Jurumiyah)
  7. Alim Mughofar Istifada untuk bidang Akhlak ula putra (Al Washoya Al Aba Lil Abna)

Besar harapan semoga para santri Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad Wonosari berhasil dan sukses dalam ajang tersebut sehingga mampu mengharumkan nama baik pesantren di kancah Nasional.

Selamat Berjuang!….