Wonosari, (PPDQWI) – Para santri Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad kembali mengadakan kegiatan pra PKPNU (Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama) Angkatan ke-II yang dilaksanakan pada hari senin-selasa (22-23/4/2019). Kegiatan pra PKPNU ini diikuti kurang lebih 400 santri yang terdiri dari kelas 7 dan 8 MTs, kelas 12 MA/SMK dan kelas takhasus. Kegiatan pra PKPNU ini dibuka langsung oleh ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Gunungkidul Drs. KH. Arief Gunadi, M.Pd.I dan dihadiri oleh pengasuh Pondok Pesantren Darul Quran wal Irsyad KH. A. Kharis Masduki, Rois Syuriah PCNU Kabupaten Gunungkidul KH. Bardan Usman, Ketua GP Anshor Kabupaten Gunungkidul, H. Luthfi Kharis Mahfudz, Ketua Fatayat NU Gunungkidul Laily Fauziyah, S.Pd.I, Ketua Yayasan Darul Quran Wal Irsyad H. Aryanto Purbo Prasetyo dan segenap tim instruktur PKPNU.

Dalam sambutannya KH. Arief Gunadi menyampaikan tentang dinamika munculnya banyak aliran-aliran baru yang meresahkan akidah Ahlussunnah Wal Jama’ah An Nahdliyah sehingga perlu menciptakan kader-kader militan penjaga ideologi Ahlussunnah Wal Jama’ah “Kegiatan ini nanti akan mampu menciptakan kader-kader militan tangguh, tanggap, tanggung jawab, kuat pendirian, punya konsistensi tinggi dalam melanjutkan perjuangan para muassis Nahdlatul Ulama” sambutnya.

Sementara itu, Pengasuh PP Darul Quran Wal Irsyad, KH A. Kharis Masduki berharap kegiatan pra PKPNU ini nantinya bisa sebagai bekal untuk menghadapi berbagai situasi dan kondisi yang akan dihadapi para santri, wabil khusus kelas 12 yang akan meninggalkan Pondok untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi. “Kegiatan pra PKPNU ini merupakan kegiatan yang sangat penting untuk memberikan berbagai bekal sebelum kalian meneruskan karir keilmuan ditempat lain dan dijenjang yang lebih tinggi” ungkapnya. Lebih lanjut beliau berpesan kepada para santri untuk serius mengikuti kegiatan Pra PKPNU ini “Sekali lagi kepada para santri silahkan diikuti sebaik-baiknya, dicermati perintah-perintahnya, Insya Allah banyak barokah dan manfaatnya”. Pungkasnya.

Kegiatan pra PKPNU ini sendiri diisi oleh para instruktur berpengalaman baik dari tingkat Nasional maupun Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun materi yang disampaikan dalam kegiatan pra PKPNU ini meliputi: Pengertian, dalil dan amaliyah NU, Sejarah lahir dan makna lambang NU, pentingnya ber-NU, struktur kepemimpinan dan kekuasaan, peta pertarungan di media sosial, tawasuth: prinsip kemasyarakatan NU serta olah fisik dan ikrar santri.