‌Gunungkidul (PPDQWI) – Hari ini Rabu (21/8) menjadi waktu yang berbahagia sekaligus bersejarah karena untuk yang  pertama kalinya pawai santri dalam rangka Haflah Khotmil Quran Pondok Pesantren Darul Quran Wal Irsyad dilaksanakan. Kegiatan yang dibuka di Alun- Alun Wonosari ini dihadiri beberapa pejabat daerah diantaranya Ketua DPRD Gunungkidul, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul, Kakan Kemenag Kabupaten Gunungkidul dalam hal ini di wakili oleh Kasubag TU Arief Gunadi beserta jajaran pejabat Kankemenag Kabupaten Gunungkidul, Para Pengasuh Pondok Pesantren serta Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi yang sekaligus membuka kegiatan pawai santri tersebut.

Dalam sambutannya Immawan mengatakan sesuai tema “Santri Unggul Indonesia Maju” semoga para santri ini menjadi generasi bangsa yang mambantu kemajuan Indonesia. “Alhamdulillah pagi ini kita akan menyaksikan pawai santri Pondok Pesantren Darul Quran Wal Irsyad yang pertama kali, mudah-mudahan ini menjadi tonggak untuk generasi berikutnya agar lebih semangat lagi” sambut Immawan.

Pawai santri dalam rangka Haflah Khotmil Quran VII Pondok Pesantren Darul Quran Wal Irsyad ini diikuti lebih dari 1500 peserta yang terdiri dari 53 khotimin/khotimat 30 juz bil hifdzi, 26 khotimin/khotimat 20 juz bil hifdzi, 64 khotimin/khotimat 10 juz bil hifdzi, 105 khotimin/khotimat 5 juz bil hifdzi, 387 khotimin/khotimat juz 30 bil hifdzi dan 189 khotimin/khotimat 30 juz bin Nadzri.

Pawai santri ini juga dimeriahkan oleh drumband dari SMKN 2 Wonosari, drumband dari MTs N Semanu, drumband dari MI Yappi Baleharjo, pasukan bergodo, pasukan berkuda, pasukan dandang guling, pasukan pengusung gunungan, pasukan hadroh jawa dari jamaah al Irsyad Ledoksari, para dewan asatidz serta segenap para santri Pondok Pesantren Darul Quran Wal Irsyad, Wonosari.