Wonosari, (PPDQWI) – Keluarga Besar Madrasah Sekolah Terpadu Darul Quran menggelar Wisuda dan Tasyakuran Kelas VI MI, Kelas IX MTs, Wustho dan Kelas XII MA/ SMK Darul Quran Tahun Pelajaran 2022/ 2023 yang berlangsung di halaman MA Darul Quran, Sabtu (17/06/2023).

Wisuda dan Tasyakuran ini mengambil tema “Mewarisi Budaya, mewujudkan generasi berprestasi dan Berakhlaq Qur’ani”. Hadir dalam acara tersebut Wakil Katib Syuriah PBNU Dr. KH. M. Afifudin Dimyathi., L.c., M.A, Katib Syuriah PWNU DIY H. Mukhtar Salim, M.Ag, Kepala Kantor Kemenag Gunungkidul Drs. H. Syaban Nuroni, MA, Pengasuh PP Darul Quran Wal Irsyad KH. A. Kharis Masduki dan segenap pimpinan lembaga serta guru dan karyawan Pondok Pesantren Darul Quran Wal Irsyad.

Dalam stadium generalnya, Dr. KH. M. Afifudin Dimyathi., L.c., M.A atau biasa disapa Gus Awis mengajak para wali santri untuk kembali mengikuti jejak ulama’ terdahulu dalam mendidik anak, seperti halnya Nabi Ibrahim dalam mendidik putranya, Luqman Al-Hakim dalam memberikan nasehat kepada putranya, dan Nabi Nuh dalam menegur anaknya, sebagaimana tuntunan didalam Al-Qur’an. “Ada 3 pola komunikasi yang diajarkan didalam al-Quran kepada orangtua untuk mendidik putra-putri kita. Pertama adalah mauidhoh, sebagaimana didalam al-Quran surat luqman ayat 34, yang kedua adalah tausyiah, sebagaimana dalam al-Quran surat al-Baqoroh ayat 132 dan yang ketiga adalah nida’, sebagaimana dalam al-Quran surat Hud ayat 42”, ungkapnya.

Beliau juga berpesan kepada para wisudawan-wisudawati untuk terus melanjutkan kebaikan-kebaikan yang telah dipelajari selama ini. “Ada 3 cara bagaimana menjaga perilaku yang baik. Pertama, menjaga makanan yang halal dan toyyib sebagaimana dalam al-Quran surat al-Mukminun ayat 51. Yang kedua, menjaga perkataan yang baik dan benar sebagaimana dalam al-Quran surat al-Ahzab ayat 70. Yang ketiga, Sering-seringlah menghayati dan mengingat-ngingat kebaikan orang tua sebagaimana dalam al-Quran surat al-Ahqof ayat 15”, pesannya. (iim_rd)