Wonosari (PPDQWI) – MTs Darul Quran berhasil menerbitkan buku hasil riset karya ilmiah para siswa dengan 37 judul penelitian. Hal tersebut disampaikan saat penyelenggaraan tasyakuran kelulusan kelas IX MTs Darul Quran yang bertempat di Taman Budaya Gunungkidul pada Sabtu (08/06/2024).

“Tahun ini MTs Darul Quran berhasil menerbitkan buku hasil riset karya para siswa dengan 37 Judul penelitian bekerjasama dengan IIQ An-Nur Bantul yang kemudian dicetak dalam sebuah buku yang berjudul “MTs Darul Quran Meriset Ilmiah”, ungkap M. Akhyar dalam laporan akademiknya.

Lebih lanjut dalam laporan akademiknya, M. Akhyar menyampaikan capaian prestasi para siswa kelas IX yang telah berhasil menyelesaikan kegiatan pembelajaran selama ini. “Jumlah siswa lulusan kelas IX MTs Darul Qur’an sebanyak 180 siswa, yang terdiri dari 91 putra dan 89 putri dengan konsentrasi Tahfidzul Quran dan Kitab Kuning. Untuk jurusan tahfidz sebanyak 37 siswa, dengan capaian sebanyak 18 juz putra dan 15 juz putri. Ada 2 siswa putra dengan capaian yang lebih dari 18 juz dan 2 siswa putri dengan capaian lebih dari 15 Juz. Untuk jurusan kitab, sebanyak 143 siswa telah menyelesaikan hafalan kitab I’mrithi 254 bait”, imbuhnya.

Selain itu, siswa dan siswi yang berprestasi juga mendapatkan reward atau penghargaan. Terbaik tahfidz putera diraih ananda Mutawakkil ‘Alalloh Salilul Izzi, terbaik tahfidz putri diraih ananda Aini Permatasari Putri, terbaik kitab putra diraih ananda Muhammad Fatkhur Rozikin, terbaik kitab puteri diraih ananda Aisyah Hilda Aulia dan untuk terbaik akademik diraih oleh ananda Bilqis Syifa Navratilova.

Di akhir kegiatan tersebut, para siswa jurusan kitab diuji keterampilannya dalam membaca dan menerjemahkan kitab kuning dengan metode Daqu. Para siswa membaca teks kosong tanpa harakat dan makna, kemudian penguji menanyakan struktur nahwu shorof beserta maknanya dalam bahasa Inggris. (Bhr)