Wonosari, (PPDQWI) – Keluarga Besar Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad menggelar acara Haflah Khotmil Qur’an (HKQ) ke IX yang sekaligus bersamaan dengan harlah (hari lahir) Pondok Pesantren Darul Quran Wal Irsyad yang ke 25 pada Selasa, (27/08/2024) bertempat di panggung MA Darul Qur’an.

Ada sebanyak 304 santri putra dan putri yang menjadi peserta khotimin dan khotimat HKQ IX. Ketua Panitia HKQ IX Anwarudin, S.Pd.I mengatakan bahwa para peserta HKQ IX telah mengikuti serangkaian tes hafalan secara berjenjang. Untuk khotimin khotimat 30 juz bil hifdzi telah dilakukan tes secara berjenjang setiap 10 juz yang dilaksanakan pada bulan Juni setiap malam Jumat serta tes 30 juz selama 2 hari pada bulan Juli dalam rentang 1-15 Juli. Sedangkan khotimin khotimat 20 juz bil hifdzi telah dilakukan serangkaian tes secara berjenjang setiap 5 juz pada bulan Juni setiap malam Rabu dan tes 20 juz selama 2 hari pada rentang 1-15 Juli. Sementara khotimin khotimat 10 juz bil hifdzi juga telah dilakukan serangkaian tes secara berjenjang setiap 3 juz pada bulan Juni setiap Ahad pagi dan tes 10 juz selama 1 hari dalam rentang 1-15 Juli.

“Khotimin khotimat sepuluh, dua puluh, dan tiga puluh juz bil hifdzi  juga telah mengadakan simaan Alquran 30 juz di 25 majelis yang terdiri dari 15 majelis putra dan 10 majelis putri yang tersebar di berbagai wilayah Gunungkidul, yang dilaksanakan 18 Agustus 2024 sebagai bentuk tes terbuka dan pengabdian Ponpes Darul Quran Wal Irsyad terhadap masyarakat sekitar,” katanya.

Dalam kesempatan itu juga dibacakan para khotimin khotimat kategori terbaik, tercepat dan termuda dalam menghafal Al-Quran. Untuk kategori khotimin 30 juz terbaik adalah ananda Alvio Afriandi dengan nilai 99,9. Sedangkan kategori khotimat 30 juz terbaik adalah ananda Dihyandhani Zidna Nahwal Atqeeya dengan nilai 98,4. Sementara itu untuk kategori khotimin 30 juz tercepat diraih oleh:  Pertama, ananda Raffa Azka Xavi dengan lama menghafal 1 tahun 7 bulan 3 hari. Kedua, Ahmad Jabir Muzammil dengan lama menghafal 1 tahun 10 bulan 15 hari. Ketiga, Alvio Afriandi dengan lama menghafal 2 tahun 3 bulan 13 hari.

Sedangkan untuk kategori khotimat 30 juz tercepat diraih oleh: Pertama, Inaba Kayyisa dengan lama menghafal 2 tahun 6 bulan 26 hari. Kedua, Mila Salsabila dengan lama menghafal 2 tahun 9 bulan. Ketiga, Alya Kayyisa Iktafaya dengan lama menghafal 2 tahun 11 bulan. Sementara itu, untuk peserta HKQ ke-9 termuda adalah ananda Chabib Raihan Dihya yang berusia 9 tahun dengan jumlah hafalan sebanyak 16 juz.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu panitia mensukseskan acara Haflah khotmil quran yang kesembilan ini. Kami juga meminta maaf pada semua pihak apabila dalam acara banyak terdapat kekurangan. Semoga para santri Darul Quran menjadi santri yang saleh dan mendapat ilmu yang bermanfaat,” tandasnya. (And)