Wonosari, (PPDQWI) – Di Era sekarang ini dunia informasi dan hiburan banyak sekali pilihan. Salah satu media informasi dan hiburan sebagai sarana para santri untuk mengekpresikan bakatnya adalah adanya Radio Komunitas Nusa FM yang berada di Komplek Pondok Pesantren Darul Quran Wal Irsyad Wonosari, Gunungkidul.

SMK Darul Quran Wonosari dengan jurusan multimedianya merasa perlu ambil bagian dan ikut mewarnai dalam dunia informasi maupun dunia hiburan saat ini. Banyak yang bisa kita gali dari berbagai potensi siswa salah satunya adalah menjadi broadcaster. “Banyak orang terkenal di media televisi dan youtube justru berangkat dari penyiar Radio seperti Farhan, Nirina Zubir, Indibaren, Nickta Gina dan masih banyak lagi.” ujar Kang Tedu penyiar radio Nusa FM.

Semangat dan antusiasme tinggi siswa SMK Darul Quran memperhatikan dengan sangat serius apa yang di sampaikan oleh kang Tedu. Sesekali menyela apa yang di sampaikan kang Tedu siswa SMK DQ aktif bertanya seakan dia bilang aku harus bisa. Itulah beberapa gambaran suasana siswa SMK DQ belajar broadcasting yang kegiatan ini sempat tetunda beberapa bulan akibat pandemi ini. “Alhamdulillah bulan ini dapat terlaksana kegiatan ini dimulai siswa kelas XI, nanti akan menyusul  kelas lainnya baik putra maupun putri”. ujar Rosyid Efendi, S.Sos.I guru produktif Multimedia SMK Darul Quran.

Untuk  diawal ini siswa belajar dan mendampingi  kang Tedu bersiaran dan berikutnya akan belajar teknis penyiaran secara on air dengan aplikasi ZARA, yaitu aplikasi yang memudahkan penyiar dalam menjalankan tugas untuk bersiaran. Selain itu, siswa juga akan diajarkan cara membuat iklan dan bersiaran langsung. “Hal ini sangat penting karena untuk menggali potensi siswa SMK DQ diberbagai skill agar siswa kelak dapat tampil sebagai santri milenial namun tetap berwawasan Islami dan berkarakter sebagaimana santri Darul Quran Wal Irsyad”. Pungkasnya