Wonosari,( PPDQWI) – Alhamdulillah Madrasah Diniyah Abdullah bin Mas’ud (Abima) kembali meraih juara umum pada ajang Pekan Olah Raga dan Seni Antar Diniyah Takmiliyah (Porsadin) se-Gunungkidul tahun 2024. Ajang yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul bekerjasama dengan FKDT Kabupaten Gunungkidul tersebut berlangsung di Kompleks MDT I’anatuththolibin Sumberejo, Ngawu, Playen, pada Ahad (22/9/2024) dan diikuti kurang lebih 31 Madin yang ada di Kabupaten Gunungkidul dengan peserta lomba 174 santri. Ajang tersebut dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul Drs. H. Sa’ban Nuroni, MA dengan mengusung tema PORSADIN “Jayalah Negriku dengan Budi Pekerti dan Diniyah Berprestasi”.

Adapun cabang dilombakan dalam PORSADIN kali ini 10 cabang perlombaan, yaitu Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ), Musabaqah Qira’atil Kutub (MQK) Safinatunnajah, Cerdas Cermat Diniyah, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Arab, Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Murotal Wal Imla, Kaligrafi, Puisi Islami, dan Lari Sprint.

Dari hasil seleksi yang berlangsung dengan melihat antusiasnya para santri dalam bertanding, akhirnya Madrasah Diniyyah Abdullah bin Mas’ud meraih juara umum dengan beberapa cabang perlombaan. Dari 10 cabang yang dilombakan, Madin Abdullah bin Mas’ud meraih 11 juara 1 yaitu cabang MTQ Putra (M. Khalifi Asysyauki Faza), cabang MHQ Putra (Himda Fathullah), cabang MQK Putra (M. Akmal al-Makki), cabang MQK Putri (Syamila Nu’ma Fathiyyah), cabang Murattal Wa Imla’ Putra (Puguh Mohammad Hanafi), cabang Pidato Bahasa Arab Putra (A. Fachry Nur Rizqy), cabang Puisi Islami (Haikal Shafa B), cabang Kaligrafi Putra (Dafi Inas Hakim W), cabang Kaligrafi Putri (Najwa Elfita), cabang Cerdas Cermat Diniyah (Yahdin Ahmada, Farhan Al-adha, Kenzie Alfa Radisa) dan cabang Lari Sprint Putra (M. Fatan An-naizar). Selain itu cabang lomba yang dimenangkan dengan perolehan Juara 2 antara lain: Cabang MTQ Putri atas nama Labibah Sholihah, cabang MHQ Putri atas nama Andesta Kamaliah Diasti, cabang Puisi Islami Putri atas nama Cantika Aisyah, cabang Lari Sprint Putri atas nama Hafiza Lubna.

Dengan hasil ini, Madrasah Diniyah Abdulloh bin Mas’ud berhak menyandang juara umum dengan total 41 poin, diatas MDT I’anatuth Tholibin 30 poin sebagai juara 2 dan MDT al Mumtaz dengan 13 poin sebagai juara 3. Pendamping Kafilah M Akhyar, S.Pd.I mengaku bangga dan senang atas capaian yang diraih para santri ini. “Alhamdulillah dengan kerja keras dan latihan terus menerus, kami kembali meraih juara umum di ajang PORSADIN tahun ini dan kami berharap meraih juara Porsadin lagi di tingkat selanjutnya”, ujarnya.

Selanjutnya untuk juara pertama akan bertanding di tingkat Propinsi pada hari ahad, 29 September 2024 dan semoga para santri Madin Abdullah bin Mas’ud sukses dan berhasil mendapatkan juara. Aamiin. (Bhr)