Wonosari, (PPDQWI) – Pondok Pesantren Darul Quran Wal Irsyad mendukung kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang digaungkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul. Kegiatan yang diselenggarakan pada hari kamis (26/7) di komplek Pondok Pesantren Darul Quran Wal Irsyad ini diikuti kurang lebih 300 santri baik putra maupun putri. Dalam kampanye tersebut para santri diajak untuk membiasakan diri hidup bersih dan sehat seperti selalu berolahraga, mengkonsumsi buah dan sayur serta rutin memeriksakan kesehatan ke unit kesehatan terdekat.

Kegiatan kampanye ini diawali dengan melakukan senam bersama di halaman pondok pesantren kemudian dilanjutkan tanda tangan bersama sebagai komitmen mendukung gerakan tersebut, makan buah bersama dan diakhiri dengan Talk Show  yang bertema “Pondok Pesantren Mencetak Generasi Qur’ani yang berperilaku Sehat menuju Indonesia Maju dan Sejahtera” dengan narasumber dr. Ida Rochmawati, M.Sc, Sp.Kj.

Hadir pada kegiatan tersebut Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul Priyanto Madyo Satmoko, S.KM, M.Kes, Kepala Seksi Promkes dan PM Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul Suharyanta, S.KM, MM, Kepala UPT Puskesmas Wonosari II Arif Budiyanto, S.KM, Kepala Seksi PD Pontren Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul H. Zuhdan Aris, S.Ag, MA serta pengasuh Pon-Pes Darul Quran Wal Irsyad KH. Akhmad Kharis Masduki.

Dalam sambutannya Pengasuh Pondok Pesantren Darul Quran Wal Irsyad KH. Akhmad Kharis Masduki menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul yang telah diberi kesempatan untuk menerima Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) ini “Kampanye ini bagi kami merupakan sesuatu hal yang sangat penting, mengingat kompleksitas permasalahan yang berkait dengan kesehatan di Pondok Pesantren Darul Quran sangatlah besar dan tinggi, sehingga saya berharap program ini dapat meningkatkan kualitas kesehatan baik fisik maupun mental” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul Priyanto Madyo Satmoko, S.KM, M.Kes menekankan pentingnya untuk menjaga kondisi kesehatan melalui upaya yang komprehensif  mulai dari preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. Menurutnya, Germas setidaknya memiliki agenda untuk dapat melakukan upaya seperti tersebut diatas. “Ada enam kegiatan utama yang dilakukan dalam rangka GERMAS yaitu 1) peningkatan aktivitas fisik, 2) peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat, 3) penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, 4) peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, 5) peningkatan kualitas lingkungan dan 6) peningkatan edukasi hidup sehat” katanya.