Presentasi: Santri Darul Qur’an mengikuti Ujian Tugas Akhir

Wonosari, (PPDQWI) – Tidak hanya sebagai pesantren tahfidz dan kitab, Darul Qur’an Wal Irsyad juga memiliki program unggulan riset penelitian bertajuk Seminar Tugas Akhir. Program ini ditempuh sebagai syarat kelulusan yang diikuti oleh santri kelas IX MTs, kelas XII MA, dan kelas XII SMK. Hal ini juga sebagai wujud penyelenggaraan SK yang turun dari KEMENAG Pusat bahwa PP. Darul Qur’an Wal Irsyad adalah madrasah riset.

Program Tugas Akhir baru dilaksanakan di tahun ini. Mulanya pada Maret tahun 2020 lalu sudah pernah dihelat Tugas Akhir, namun pada lingkup sederhana, lebih spesifiknya tentang pemaparan karya santri (Life skill). Alhamdulillah, di tahun ini benar-benar bisa dilaksanakan Seminar Tugas Akhir seacara seksama. Walapun ditempuh dengan persiapan yang cukup mendadak, berkat motifasi dan bimbingan asatidz, para santri berhasil menuliskan penelitian mereka dan mempresentasikan di depan penguji sebagai pertanggung jawaban atas apa yang mereka tulis dan mereka teliti.

Sekitar 3 bulan waktu penelitian, di mulai sejak November lalu hingga akhir Januari. Pada awal Februari kemarin, laporan penelitian. Dilanjutkan pada pekan kedua Februari, ialah Seminar Tugas Akhir. Sebanyak 97 Santri MA mengikuti program ini. Terbagi menjadi 36 kelompok. Kelas Agama sebanyak 12 kelompok, kelas IPS 10 kelompok, dan IPA sebanyak 14 kelompok. Juga 40 santri SMK Multimedia yang akan membuat film animasi berdurasi 4 menit. TA akan berakhir pada 26 Februari mendatang.