DI Yogyakarta – Pada awal September lalu, tepatnya Kamis (8/9), sebanyak 52 jamaah umroh Darul Qur’an Gunungkidul berangkat dari tanah air menuju tanah suci. Umroh selama 9 hari tersebut berjalan dengan lancar. Mulai tanggal 8 sampai 16 September.

Jama’ah terbang menggunakan pesawat Lion Air JT116 CKG-MED pukul 15.40 WIB dari bandara Soekarno-Hatta, dan tiba di Madinah pukul 21.50 WAS. Setelah selasai pemeriksaan keimigrasian berikut barang bawaan, jama’ah menuju Hotel Jawharat Al-Rasheed untuk beristirahat.

Di hari kedua (Madinah), Jum’at (9/9), jama’ah bergerak menuju masjid Nabawi. Sejak pagi jama’ah ziarah di Makam Rasulullah, Sayidina Abu Bakar, dan Sayidina Umar. Makam Baqi’, Tsaqifah Bani Sa’idah, Masjid Gamamah, Masjid Abu Bakar dan Masjid Ali bin Abi Talib. Setelah itu jamaah dipersilahkan sholat Dhuha dan kembali ke hotel sambil menunggu waktu sholat Jumat. Hari selanjutnya menuju Makkah.

Fobar: Jama’ah putri setelah beribadah di Raudhah

Hari kedua Makkah (Senin) adalah agenda Ziarah seputar kota Makkah seperti Jabal Tsur, Jabal Rahmah, Arofah, Muzdalifah, Mina, Jabal Qurban, Jabal Nur (Gua Hira) dan menuju Masjid Ji’ronah untuk ambil miqot bagi yang akan berumroh lagi. Hari ketiga Makkah (Selasa) ziarah kota Thaif diantaranya di Masjid Abdullah bin Abbas, Masjid Kuk, Masjid Addas, Pegunungan Al Hada, Pabrik Parfum dan juga menuju Masjid Qornul Manazil untuk ambil miqot ketiga bagi yang akan berumroh kembali. Hari keempat Makkah (Rabu) acara bebas dan bagi yang masih kuat berumroh diantarkan ke masjid Aisyah/Tan’im untuk ambil miqot. Hari kamis pagi tawaf wada dan kamis siang check out hotel Makkah menuju jeddah untuk citytour seputar kota Jeddah diantaranya Masjid Qisos, Pusat Bisnis Corniche dan selanjutnya ke Bandara King Abdul Azis Jeddah untuk terbang ke Jakarta. Pukul 15.50 WIB Jum’at (16/9), jama’ah tiba di tanah air mendarat di bandara Soekarno Hatta dengan selamat. Sembari menunggu penurunan barang bagasi dan menunggu jadwal penerbangan menuju YIA, jama’ah menginap di hotel Fave dekat bandara. Sabtu sore pukul 16.30 WIB jama’ah tiba di Darul Qur’an.

Secara  keseluruhan, umroh kali ini berjalan dengan lancar. Mulai dari perjalanan, prosesi ibadah, hingga tour travel, alhamdulillah semua bejalan lancar. “Kita betul-betul harus menata niat. Semua tamu Allah, tamu Rasulullah. Lepaskan pangkat, lepaskan ketokohan, jabatan, kita semua sama, satu keluarga, satu jama’ah. Kita semua tamu Allah dan Rasul-Nya.” Ujar beliau, Pak H. Ariyanto Purbo Prasetyo, S.I.P.