DQ Siraman – Tepatnya pada tanggal 7 Shafar, Sabtu pekan lalu (3/9), genap dua tahun milad Hijri peletakan batu pertama pondok pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad 2 Siraman. Malam itu dihadiri oleh warga sekitar berikut beberapa perangkat desa. Acara dimulai pukul 20.00 dengan membaca maulid Dhiba’, dilanjutkan dengan pembacaan tahlil, beserta mujahadah yang dipimpin oleh KH. Misbahul Munir.

Setelah mujahadah dan mahallul qiyam, kepala desa Siraman memberikan sambutan. Beliau mengucapkan rasa syukur beliau sebagai perangkat desa, dengan adanya pondok pesantren di Siraman tentunya memberikan keberkahan tersendiri, terlebih bagi warga Siraman. Beliau juga berharap semoga Siraman semakin makmur dengan berkah berdirinya pesantren.

Sambutan kedua oleh Abina A. Kharis Masduki. Setelah memanjatkan syukur, Abina menyampaikan pesan yang beliau nukil dari (QS. Hud:37). Beliau menuturkan bahwa pesantren ini ibarat sebuah kapal, kapal menuju ridha Allah. InsyaAllah yang ikut bersama kapal akan diselematkan oleh Allah. Dalam artian, siapapun yang memberikan sumbangsih, baik dalam bentuk tenaga, biaya, dan bentuk lainnya, Allah akan menyelamatkannya. Karena yang menolong agama Allah, Allah akan menolongnya. Malam itu acara diakhiri doa dan makan bersama.

Keesokan harinya, pada Ahad (4/9) pukul 09.00 pagi, Abina mengawali peletakan batu pertama untuk gedung kedua DQ Siraman di sebelah selatan gedung utama. Bangunan ini nantinya akan digunakan sebagai madrasah. Hingga kini, para pekerja sudah mulai lembur pada tahap pondasi, karena setidaknya pondasi sudah aman sebelum datang musim hujan. Mengingat sifat tanah di DQ 2 Siraman mudah amblas. Semoga proses pembangunan lancar beriring ridha Allah.