Wonosari (PPDQWI) – Madrasah Aliyah (MA) Darul Quran menyelenggarakan kegiatan pelepasan siswa Kelas XII pada Sabtu (08/06/2024) bertempat di Taman Budaya Gunungkidul. Dalam kegiatan tersebut MA Darul Quran berhasil meluluskan para hafidz al-Quran 30 Juz.

“Ada 89 siswa kelas XII MA Darul Quran tahun ini, yang terdiri dari 36 siswa jurusan IPA, 27 siswa jurusan IPS, dan 26 siswa jurusan Agama dengan konsentrasi Tahfidzul Quran dan Kitab Kuning. Untuk jurusan tahfidz sebanyak 46 siswa dengan capaian 30 juz sebanyak 11 siswa, diatas 20 juz 8 siswa, diatas 10 juz 19 siswa serta diatas 5 juz ada 8 siswa. Perbedaan capaian ini berdasarkan waktu memulai program Tahfidz. Sedangkan untuk jurusan kitab sebanyak 43 siswa telah menyelesaikam hafalan Alfiyah Ibn Malik 1002 bait”, ungkap M. Akhyar dalam laporan akademiknya.

Selain itu, untuk tahun ini ada 40 Judul penelitian siswa/siswi MA Darul Quran yang di cetak dalam bentuk buku yang judul “Analisa Kritis Darul Quran”. Kegiatan riset ini merupakan hasil kerjasama dengan IIQ An-Nur Bantul. “MA Darul Qur’an sudah memperkenalkan kepada para siswa tentang karya ilmiah sejak kelas 10 yang diadakan setiap hari sabtu didampingi bapak/ibu guru MA Darul Quran dan dosen IIQ An-Nur Bantul”, imbuhnya.

Diakhir kegiatan tersebut, siswa dan siswi yang berprestasi juga mendapatkan reward atau penghargaan. Terbaik tahfidz putera diraih ananda Dian Fatahillah Rasadi, terbaik tahfidz putri diraih ananda Dhiyandhani Zidna Nahwal Atqeeya, terbaik kitab putra diraih ananda Nur Kholis, terbaik kitab puteri diraih ananda Zannuba Arifah Sya’bani, terbaik akademik jurusan Agama diraih ananda Dhiyandhani Zidna Nahwal Atqeeya, terbaik akademik jurusan IPA diraih ananda Maryam Haura Nafisah, dan terbaik akademik jurusan IPS diraih ananda Nadya Tazkia Ali. (Bhr)