Wonosari, (PPDQWI) – Keluarga Besar Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad menggelar acara Haflah Khotmil Qur’an (HKQ) IX yang sekaligus bersamaan dengan harlah (hari lahir) Pondok Pesantren Darul Quran Wal Irsyad yang ke 25 pada Selasa, (27/08/2024) bertempat di panggung MA Darul Qur’an.

Hadir dalam acara tersebut Pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang KH. Afifudin Dimyathi, Lc, M.A., yang sekaligus sebagai pembicara (mau’idhoh hasanah). Pengasuh Pondok Pesantren An Nur Ngrukem Bantul, KH. Yasin Nawawi yang sekaligus sebagai pemimpin pembacaan tahlil, dan KH. R Abdul Hamid Abdul Qodir, Pengasuh Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak, yang sekaligus sebagai pemimpin do’a Khotmil Qur’an.

Pengasuh Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad KH. A. Kharis Masduki dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah banyak membantu panitia dari awal sampai akhir demi kelancaran dan kesuksesan acara Khotmil Quran tersebut. “Saya mengucapkan selamat dan sukses atas selesainya kegiatan Khotmil Quran ini. Kami ucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas kerja keras semua pihak, sehingga acaranya berjalan lancar sesuai dengan rencana”, sambutnya.

Ada sebanyak 304 santri putra dan putri yang menjadi peserta khotimin dan khotimat HKQ IX. Ketua panitia HKQ IX Anwarudin, S.Pd.I menjelaskan bahwa 304 peserta khotimin khotimat terdiri dari 15 khotimin 30 juz bil hifdzi dan 28 khotimat 30 juz bil hifdzi. Kemudian 9 khotimin 20 juz bil hifdzi dan 16 khotimat 20 juz bil hifdzi. Lalu 29 khotimin 10 juz bil hifdzi dan 34 khotimat 10 juz bil hifdzi. Selanjutnya, 2 khotimin 30 juz bin nadzri dan 59 khotimat 30 juz bin nadzri. Sementara itu, khotimin juz 30 bil hifdzi sebanyak 67 santri dan khotimat juz 30 bil hifdzi sebanyak 45 santri. (Bhr)