Wonosari, (PPDQWI) – Kontingen MTs dan MA Darul Quran sukses menorehkan prestasi membanggakan dalam ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2024 tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta yang berlangsung di MAN 5 Sleman pada Kamis (1/8/2024).

Dalam ajang KSM tersebut, Kontingen MTs Darul Quran atas nama Ahmad Daffa Narindra (Kelas 9) ditetapkan sebagai juara 1 kategori individu cabang mapel IPA terpadu. Sementara itu 3 siswa MA Darul Quran yakni Akmal Muzaki (kelas 11 Agama), Uchsin Usyaqi Athiyya (kelas 11 IPA), dan Anis Inayati (Kelas 12 IPS) menjadi juara 2 kategori beregu cabang mapel sosial sains terpadu. Sedangkan siswa MA Darul Quran lainnya yaitu M. Azad Moqtafin (kelas 12) meraih juara 3 kategori individu cabang mapel Matematika dan Tsaqifa Dina Kamila (kelas 11 IPS) meraih juara harapan 2 kategori individu cabang mapel Geografi.

“Kita tentu sangat bahagia, bangga, dan mengapresiasi para kontingen Darul Quran yang menjuarai KSM tingkat DIY. Ini sekali lagi membuktikan bahwa para siswa Darul Quran selain berprestasi dalam hafalan Al-Quran, mengaji turats, tapi juga berprestasi dalam bidang akademik,” kata Kepala MTs Darul Quran Luluk Atul Fu’atimah saat diwawancarai pada Jumat (9/8).

Sementara itu, Ahmad Daffa Narindra yang berhasil menjadi juara 1 berhak mengikuti KSM tingkat nasional 2024 yang akan dilaksanakan di Ternate, Maluku Utara. Luluk mengatakan pencapaian prestasi para siswa tersebut tak lepas dari program pembinaan santri berbakat yang terus fokus dijalankan Darul Quran. Dia menjelaskan setiap tahunnya Darul Quran melakukan penjaringan siswa berbakat dalam beragam bidang dan kategori khususnya penjaringan siswa berbakat dalam bidang sains. Penjaringan ini dilakukan melalui serangkaian tes yang harus dilalui. Siswa yang lolos penjaringan akan mendapatkan bimbingan intens agar dapat unjuk gigi dalam berbagai kompetisi.

“Seperti Daffa Narindra itu sudah terjaring sejak kelas tujuh, kami delegasikan dia dan bisa menorehkan prestasi. Intinya setiap program di Darul Quran dilakukan dengan sungguh-sungguh, karena dengan begitu akan membuahkan hasil yang baik,” tandasnya.

Torehan prestasi membanggakan yang dicapai Daffa Narindra telah menambah daftar deretan siswa Darul Quran yang berhasil melenggang ke KSM tingkat nasional. Pada tahun 2015 yang lalu, siswa MTs Darul Quran atas nama Ausa Mutiara Mumtaz berhasil lolos ke KSM tingkat nasional bahkan sukses meraih medali emas untuk kategori individu cabang Matematika. Sementara itu, pada tahun 2019 atas nama Ismet Muhib Muhammad juga lolos ke KSM nasional cabang IPS terintegrasi dan meraih medali perak. Pada tahun 2022, siswa atas nama Tsaqifa Dina Kamila juga sukses tembus KSM nasional cabang IPS terintegrasi dan berhasil meraih medali perak dalam ajang tersebut. (And)