ausaaWonosari, (PPDQWI) – Ausa Mutiara Mumtaz, siswa kelas 9 MTs Darul Qur’an Wonosari meraih medali emas Kompetisi Sains Madrasah (KSM) bidang Matematika tingkat nasional. Kompetisi yang diselenggarakan Direktorat Pendidikan Madrasah Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama itu diadakan di Palembang Sumatera Selatan pada  (03 – 07/8) beberapa waktu yang lalu.

Ausa panggilan akrabnya adalah siswa dengan segudang prestasi. Sebelumnya, pada ajang Olimpiade MIPA jenjang SMP/MTs se-Gunungkidul, ia berhasil meraih emas pada bidang yang sama. Keberhasilannya dalam mencapai prestasi tersebut tidak terlepas dari kiat-kiat dalam belajar dan faktor lingkungan sekitar. Ia mengatakan bahwa “Kunci sukses adalah ketekunan dan berlatih terus menerus, serta berdoa kepada Allah dan meminta restu dari orang tua”, Ungkapnya.

Ketekunan dan kerja keras Ausa diuji. Selama mengikuti KSM, dia benar-benar belajar keras, selain juga harus menjaga kondisi tubuhnya agar senantiasa bugar. Pun, yang tak kalah penting, dia harus mempersiapkan mentalnya. “Soal matematikanya tertulis dan praktik. Dua hari hanya untuk lomba. Hari pertama ada 15 soal teori, Sedangkan hari kedua ada 9 soal eksplorasi (praktek). Untuk itu saya harus selalu fit dan tentu saja, siap mental juga,” katanya.

Alhamdulillah atas Ketekunan dan kerja keras itu, Ausa berhasil meraih emas dan sekaligus the best practice kategori tertinggi di hari kedua. Ausa menyatakan terima kasih kepada semuanya, terutama kepada guru pendamping yang terus memberikan bimbingan dan kepada kedua orang tuanya yang selalu memberikan semangat kepadanya.

Sementara itu, Esti Wuryani, S.Si selaku guru pendamping merasa bersyukur dan bahagia atas keberhasilan Ausa. “Sangat senang sekali dan bahagia, harapannya kedepan Ausa bisa target Ujian Nasional tertinggi pada 4 bidang mata pelajaran dan tercapai semua target kajian kitabnya. “ jelasnya.