Wonosari, (PPDQWI) – Pondok Pesantren Darul Quran Wal Irsyad keluar sebagai juara umum pada Ajang Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren Daerah (POSPEDA) tingkat Kabupaten Gunungkidul Tahun 2018. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga bekerjasama dengan Kementerian Agama kabupaten Gunungkidul tersebut berlangsung pada Selasa, (27/11) bertempat di Komplek Pondok Pesantren Darul Quran wal Irsyad dan diikuti seluruh santri Pondok Pesantren se-kabupaten Gunungkidul.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul H. Aidi Johansyah, S.Ag, MM yang sekaligus membuka kegiatan tersebut menegaskan bahwa hikmah diadakannya kegiatan POSPEDA ini adalah sebagai sarana menjalin silaturahmi dan mencari santri-santri yang berprestasi. “Kegiatan ini tentu menjadi sarana silaturahmi bagi kita semua, selain itu juga dalam rangka mencari santriwan dan santriwati yang berprestasi khususnya dalam bidang olahraga dan seni” tegasnya. Lebih lanjut Aidi berharap para santri nantinya meraih prestasi yang membanggakan ditingkat propinsi “Yang terpilih pada hari ini akan mewakili kabupaten di tingkat propinsi membawa nama baik pondok dan kabupaten Gunungkidul” pungkasnya.

Adapun hasil kejuaraan Pospeda tingkat kabupaten Gunungkidul tahun 2018 cabang seni santri Pondok Pesantren Darul Quran Wal Irsyad yaitu juara 1 pidato bahasa Arab putra atas nama Ishmet Muhibb Muhammad, Juara 1 Pidato bahasa Arab putri atas nama Dyah Prafita Ningrum, juara 1 pidato bahasa Inggris putra atas nama Arif Rahman Hakim, Juara 1 Pidato bahasa Inggris putri atas nama Annisa Khafidza Salami, Juara 1 Pidato bahasa Indonesia Putra atas nama M. Rafiq Afif Alwan, Juara 1 Pidato bahasa Indonesia putri atas nama Aprilia Indah Nurhasanah, Juara 1 Seni Lukis Kaligrafi Putra atas nama Ahmad Nubail El Zaki, Juara 1 Stand Up Comedy putra atas nama M. Nur Rohmatulloh,  Juara 1 Qasidah Putra, Juara 2 Kaligrafi Mushaf putra atas nama Nur Ahmad Khoirizal, Juara 2 Qasidah putri, Juara 2 Hadroh putra, Juara 2 Hadroh putri, Juara 3 Stand Up Comedy putri atas nama Ayu Nabilah dan Juara harapan 1 Cipta Puisi putri atas nama Nur Intan Agustina.

Pendamping lomba Sudatik, S.ST merasa bangga dan bersyukur atas capaian yang telah diraih putra-putrinya. “Alhamdulillah kami bersyukur atas kejuaraan yang telah diperoleh anak-anak tahun ini, semoga tahun depan bisa ditingkatkan lagi” ucapnya disela-sela penyerahan hadiah. Lebih lanjut Ia berharap di tingkat propinsi yang akan di selenggarakan pada hari ahad, 2 Desember 2018 di Pondok Pesantren Nurul Ummah, Kota Gede Yogyakarta meraih hasil yang maksimal “Harapan kami semoga di tingkat Propinsi anak-anak bisa bertanding dengan maksimal dan mendapatkan juara 1 semua, sehingga anak-anak bisa mewakili di tingkat Nasional” pungkasnya.