Wonosari, (PPDQWI) – Seluruh peserta PKPNU (Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama) Senin siang (4/4) berkumpul di Komplek Joglo Pondok Pesantren Darul Quran wal Irsyad guna melaksanakan Pra PKPNU. Seluruh peserta yang hadir adalah para santri kelas I’dad, 10 dan 11 yang duduk dikelas Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah Kejuruan Darul Quran. Kegiatan PKPNU ini dibuka oleh ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Gunungkidul Drs. KH. Arief Gunadi, M.Pd.I dan dihadiri oleh pengasuh Pondok Pesantren Darul Quran wal Irsyad KH. A. Kharis Masduki, Rois Syuriah PCNU Kabupaten Gunungkidul KH. Bardan Usman, Ketua GP Anshor Kabupaten Gunungkidul, H. Luthfi Kharis Mahfudz, Ketua Yayasan Darul Quran Wal Irsyad H. Aryanto Purbo Prasetyo dan segenap tim instruktur PKPNU Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dalam sambutannya KH. Arief Gunadi menyampaikan saat ini banyak kelompok-kelompok yang mengolok-olok dan membully jam’iyyah Nahdlatul Ulama. Sehingga perlu adanya kegiatan PKPNU untuk menciptakan kader NU yang berkualitas yang akan menjadi penerus perjuangan faham ahlussunnah wal jama’ah an nahdliyyah. “Para santri nantinya akan digembleng dalam kegiatan PKPNU ini, guna membekali para santri agar menjadi kader Nahdlatul Ulama yang tangguh mengemban Islam Ahlusunnah wal Jama’ah”. Sambutnya.

Sebelumnya Pengasuh PP Darul Quran Wal Irsyad, KH A. Kharis Masduki menyampaikan pentingnya Pendidikan Kader Penggerak  Nahdlatul Ulama mengingat keadaan dinamika kehidupan kebangsaan dan keberagamaan yang ada di Indonesia yang berbeda jauh dengan keadaan kebergamaan di Saudi Arabia, sehingga para santri wajib mendapatkan materi yang ada di PKPNU ini. “Nantinya kalian akan diberikan materi di PKPNU ini agar supaya kalian bisa cerdas, bisa tanggap, bisa sensitif terhadap potensi-potensi ancaman yang memungkinkan mengancam eksistensi kita semua”. Lebih lanjut beliau berharap semua santri nantinya harus mengikuti pengkaderan PKNU ini “Kelas 12, kelas takhasus dan semua guru nanti akan mengikuti kegiatan PKPNU ini”. pungkasnya