img_0519Wonosari, (PPDQWI) – Alhamdulillah prestasi kembali diraih oleh santri-santri Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad Wonosari. Lima (5) santri dipastikan mewakili Provinsi DI. Yogyakarta dalam event Musabaqoh Qirotul Kutub (MQK) tingkat nasional di Jambi. Ini adalah pertama kalinya Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad Wonosari mengikuti event bergengsi 3 tahunan ini dan alhamdulillah berhasil mengantarkan5 santri terbaik menujutingkat nasional.

Setidaknya, Tercatat gelaran MQK telah dilaksanakan selama empat kali. MQK I digelar di PP. Al Falah Bandung tahun 2004, penyelenggaraan MQK ke 2 di PP. Lirboyo Kediri, Jawa Timur Tahun 2006. Pesantren Al-Falah Banjarbaru Kalimantan Selatan didaulat sebagai tuan rumah MQK ke 3 tahun 2008, sedangkan MQK ke-4 digelar di PP. Nahdlatul Wathan Pancor NTB tahun 2011. Sedangkan MQK ke 5 akan di gelar di Provinsi Jambi tepatnya di PP. As`ad Tebo Jambi. Event ini merupakan wahana kompetisi para santri terkait kemahiran mereka dalam membaca, memahami, dan menjelaskan kandungan kitab kuning (al-Kutub al-Turats) sebagai tradisi keilmuan pada pondok pesantren di Indonesia.

Adapun lima nama santri Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad Wonosari yang menjadi delegasi lomba MQK di ajang bergengsi tersebut adalah:

  1.    Ahmad Khowas untuk bidang Tafsir Wustho Putra (Tafsir Jalalain)
  2.   Choirul Hadi untuk bidang Ushul Fiqih Wustho Putra (Syarah Waroqot)
  3.   Asna Hayati untuk bidang Ushul Fiqih Wustho Putri (Syarah Waroqot)
  4.   Fahma Mahfudi Liandari untuk bidang Akhlak Wustho Putri (Kifayatul Atqiya)
  5.   Wayan Siti Wardatul Jannah untuk bidang akhlak Ulya Putri (Ihya Ulumuddin)

Kelima santri ini, bersama delegasi-delegasi dari Pondok lain seperti (PP. Krapyak Yogyakarta, PP. Al-Imdad Bantul, PP. Ar-Risalah Mlangi, PP. Luqmaniyah, PP. Al-Fathimiyah Tempel) akan berlaga dalam ajang MQK V di Jambi mengharumkan nama Provinsi D.I. Yogyakarta.

 Selamat Berjuang!….