(وسئل)

نفع الله به عن رقص الصوفية عند تواجدهم هل له اصل (فاجاب ) بقوله  نعم له أصل فقد روي في الحديث أن جعفر بن أبى طالب رضي الله عنه رقص بين يدي النبي صلى الله عليه وسلم لما قال له “أشبهت خلقي وخلقي” وذلك من لذة هذا الخطاب ولم ينكر عليه صلى الله عليه وسلم. وقد صح القيام والرقص في مجالس الذكر والسماع عن جماعة من كبار الأئمة منهم عز الدين شيخ الإسلام ابن عبد السلام

Beliau ( Ibnu Hajar al-Haitami) ditanya tentang tari shufi ketika mereka sedang merasakan kesan nikmat yang luar biasa, apakah hal ini memiliki dasar ? Beliau menjawab : Ya, hal itu memiliki dasar, telah diriwayatkan dalam hadis bahwasanya Ja’far bin Abi Thalib ra menari dihadapan Nabi SAW ketika beliau berkata kepadanya “ Engkau menyerupai bentukku dan akhlakkku”. Hal ini dikarenakan nikmatnya ucapan Rasulullah SAW, dan beliau tidak mengingkarinya. Dan telah sahih mengenai berdiri dan menari di dalam majlis dzikir  dari ulama’-ulama’ besar. Diantaranya adalah Syaikhul Islam Izzuddin Ibnu Abdissalam. ( Al-Fatawi Al-Haditsiyyah, hal. 212 )

 

 مسألة : في جماعة صوفية اجتمعوا في مجلس ذكر ثم ان شخصا من الجماعة قام من المجلس ذاكرا و استمر على ذالك لوارد حصل له. فهل له فعل ذلك سواء كان باختياره ام لا. و هل لأحد منعه و زجره عن ذلك ؟

الجواب : لا إنكار عليه في ذلك. وقد سئل عن هذا السؤال بعينه شيخ الإسلام سراج الدين البلقيني فأجاب بأنه لا إنكار عليه في ذلك وليس لمانع التعدي بمنعه ويلزم المتعدى بذلك التعزير. وسئل عنه العلامة برهان الدين الأبناسي فأجاب بمثل ذلك وزاد أن صاحب الحال مغلوب والمنكر محروم ما ذاق لذة التواجد ولا صفا له المشروب إلى أن قال في آخر جوابه وبالجملة فالسلامة في تسليم حال القوم. وأجاب أيضا بمثل ذلك بعض أئمة الحنفية والمالكية كلهم كتبوا على هذا السؤال بالموافقة من غير مخالفة.

أقول : وكيف ينكر الذكر قائما والقيام ذاكرا وقد قال الله تعالى (الذين يذكرون الله قياما وقعودا وعلى جنوبهم) وقالت عائشة رضي الله عنها كان النبي صلى الله عليه وسلم يذكر الله على كل أحيانه، وإن انضم إلى هذا القيام رقص أو نحوه فلا إنكار عليهم فذلك من لذات الشهود أو المواجيد وقد ورد في الحديث رقص جعفر بن أبي طالب بين يدي النبي صلى الله عليه وسلم لما قال له أشبهت خلقي وخلقي وذلك من لذة هذا الخطاب ولم ينكر ذلك عليه النبي صلى الله عليه وسلم فكان هذا أصلا في رقص الصوفية لما يدركونه من لذات المواجيد وقد صح القيام والرقص في مجالس الذكر والسماع عن جماعة من كبار الأئمة منهم شيخ الإسلام عز الدين بن عبد السلام.

Permasalahan : Mengenai kelompok shufi yang berkumpul di majlis dzikir, kemudian ada seseorang dari kelompok tersebut berdiri  sambil berdzikir, dan keadaan ini berlanjut karena ada warid (sesuatu yang mengena di hati). Apakah ia boleh melakukan itu ? baik ia melakukan itu dengan sadar atau tidak. Dan apakah apakah boleh seseorang melarang perbuatan tersebut?

Jawaban : “ Tidak boleh mengingkarinya. Syaikh Islam Sirajuddin al-Bulqini pernah juga ditanya tentang pertanyaan ini, lalu beliau menjawab, “ Sesungguhnya tidak boleh mengingkari hal ini. Tidak boleh melarangnya dengan cara yang melampaui batas. Dan orang yang melampaui batas melarangnya akan mendapatkan takzir. Al-‘Allamah Burhanuddin al-Abnasi pernah ditanya tentang ini, dan beliau menjawab sama seperti itu, dan menambahkan bahwasanya orang yang memiliki ahwal itu terkuasai, sedangkan orang yang mengingkarinya terhalang merasakan lezatnya tawajud (kesan hebat dalam hati) dan tak merasakan kejernihan minuman itu “, sampai beliau berkata di akhir jawabannya, “ Kesimpulannya yang lebih selamat adalah serahkan keadaan mereka “. Sebagian ulama Hanafiyyah dan Malikiyyah juga menjawab seperti itu, mereka semua menulis jawaban atas pertanyaan ini sama persis, tidak berlainan.

Aku ( Imam Suyuthi) berkata : “ Bagaimana mengingkari dzikir dalam keadaan berdiri dan berdiri dalam keadaan berdzikir ? padahal Allah Ta’ala telah berfirman, “ Orang-orang yang berdizkir kepada Allah dalam keadaan berdiri, duduk dan memiringkan lambung mereka (Ali Imron : 191)“. Siti Aisyah juga berkata, “ Nabi selalu berdzikir dalam keadaan apapun “. Jika dalam berdiri itu ada tarian atau semisalnya, maka juga tidak boleh diingkari, karena hal itu disebabkan merasakan lezatnya penyaksian dan kesan nikmat yang luar biasa. Telah datang dalam hadits, tarian Jafar bin Abi Thalib di hadapan Nabi shallahu ‘alaihi wa sallam ketika beliau berkata kepadanya, “ Engkau menyerupai bentukku dan akhlakku “.Hal ini dikarenakan nikmatnya ucapan Rasulullah SAW, dan beliau tidak mengingkarinya. Maka hal ini menjadi dasar tari shufi, karena mereka merasakan lezatnya kesan nikmat yang luar biasa. Dan telah sahih mengenai berdiri dan menari di dalam majlis dzikir  dari ulama’-ulama’ besar. Diantaranya adalah Syaikhul Islam Izzuddin Ibnu Abdissalam. (Al-Hawi lil Fatawi, Juz. 2, hal. 282-283)