ومن أخلاقهم – رضي الله  تعالى عنهم-: كثرة الشفقة على المسلمين الطائع والعاصي، وعلى سائر الحيوانات، والعمل على حصول عدم نقص لدين أحد بسببهم، وهذا من أشرف أخلاقهم ولا يقدر على العمل به إلا من نور الله تعالي بصيرته، وكان أشفق على الناس من أنفسهم بحكم الإرث لرسول الله (113)

وقد كان معروف الـكرخي – رحمه الله تعالي – إذا رأى عاصيا دعا له بالمغفرة ورجا له بالرحمة و يقول: إن الله تعالي أرسل محمدا ، وبعثه لنجاة الناس والرحمة لهم، والشيطان لعنه الله بعث لإهلاكهم والشماتة فيهم، قال: ومر على معروف. رحمه الله – قوم في زورق في الدجلة، وبين أيديهم الخمر ونحوه، فقيل له: ألا تدعو الله على هؤلاء القوم العصاة؟ فقال: اللهم كما فرحتهم في الدنيا ففرحهم في الآخرة. فقالوا: إنما سألناك أن تدعو عليهم وها أنت تدعولهم، فقال: معاذ الله أن أدعو على مسلم، وإن الله تعالى لا يفرحهم في الآخرة إلا إن تاب عليهم في الدنيا، وغفر لهم، وهذا من حسن سياسته رحمه الله (114)

وكان مطرف بن عبد الله – رحمه الله – يقول: من لم يجد عنده رحمة للعصاة، فليدع لهم بالتوبة
والمغفرة، فإن من أخلاق الملائكة عليهم الصلاة والسلام أنهم يستغفرون لمن في الأرض (119)

Diantara akhlak ulama salaf adalah mereka sangat berbelas kasihan terhadap kaum muslimin, baik yang taat maupun yang maksiat, begitu pula kepada hewan. Mereka juga beramal agar orang lain tidak berdosa sebab perbuatan mereka. Ini adalah kemuliaan akhlak mereka, tidaklah bisa melakukan ini kecuali orang yang mata hatinya diberi cahaya oleh Allah. Mereka sangat sayang terhadap manusia, karena mereka adalah pewaris rasulillah. (Tanbihul Mughtarrin, hal 113)

Ma’ruf al-Karkhi ketika melihat ahli maksiat, maka beliau memintakan ampunan untuknya dan berharap rahmat untuknya. Beliau pun berkata : “ Sesungguhnya Allah mengutus Nabi Muhammad SAW untuk menyelamatkan manusia dan sebagai rahmat untuk mereka, sedangkan setan  diutus untuk membinasakan dan mengejek manusia.

Ada sekelompok orang yang bertemu dengan Ma’ruf al-Karkhi di dalam perahu di sungai Dajlah. Di tangan mereka ada khamer dan sejenisnya. Lalu dikatakan kepada beliau : “Maukah engkau mendoakan keburukan untuk ahli maksiat tersebut?”. Beliau pun berdoa : “ Ya Allah, sebagaimana Engkau membuat mereka bahagia di dunia, bahagiakanlah mereka di akhirat juga”. Orang-orang pun berkata : “Kami minta kepadamu untuk mendoakan keburukan kepada mereka, namun anda malah mendoakan kebaikan untuk mereka”. Beliau berkata : “Saya mohon perlindungan kepada Allah, saya tidak ingin mendoakan keburukan untuk orang Islam, Allah tidak akan membuat mereka bahagia di akhirat, kecuali apabila Allah menerima taubat dan mengampuni mereka”. Ini adalah keindahan siasat beliau. (Tanbihul Mughtarrin, hal 114)

Mutharrif bin Abdillah pernah perkata : “Barangsiapa yang tidak memiliki rasa belas kasih terhadap ahli maksiat, maka doakanlah mereka agar bertaubat dan mendapatkan ampunan, karena di antara akhlaknya malaikat adalah memintakan ampunan untuk orang yang ada di bumi. (Tanbihul Mughtarrin, hal 119)