Wonosari, (PPDQWI) – Dalam rangka menjalin tali silaturahim dan menjalin rasa kekeluargaan dengan wali santri, Keluarga Besar Pondok Pesantren Darul Quran Wal Irsyad mengadakan Syawalan yang dilaksanakan pada Sabtu-Ahad, (6-7/5/2023) di Komplek Pondok Pesantren Darul Quran Wal Irsyad. Acara ini sekaligus ditandai dengan masuknya para santri setelah libur panjang selama kurang lebih 20 hari.

Ketua Yayasan Darul Qur’an Wal Irsyad Wonosari H. Aryanto Purbo Prasetyo, S.I.P, dalam sambutannya menyampaikan bahwa sejak sebelum kedatangan santri para pengurus pondok dan para guru sudah menyiapkan segala sesuatunya untuk mendukung proses kegiatan belajar mengajar berjalan dengan baik.

Sementara itu, ikrar syawalan disampaikan oleh Ahmad Rafiq, Ph.D, wali santri dari ananda Mohammad Azad Moqtafin, peserta Olimpiade Sains Nasional tahun 2023. Dalam ikrarnya beliau menyampaikan tiga hal, pertama permohonan maaf mewakili seluruh wali santri dan juga anak-anak. Kedua mewakili wali santri memasrahkan anak-anak kepada pengasuh, dan ketiga memohonkan do’a dan nasihat semoga anak-anak diberikan ilmu yang berkah dan manfaat di dunia dan akhirat.

Acara dilanjutkan mau’idoh hasanah yang disampaikan oleh KH. Akhmad Kharis Masduki pengasuh Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad. Beliau menyampaikan atas nama seluruh pengelola dan pengurus pondok memohon maaf atas segala kekurangan dan memohon dukungan agar para wali santri secara total mengikhlaskan putra-putrinya tinggal di Pondok. “Kami mohon maaf selama ini tentu banyak hal yang kurang mengenakkan dalam membersamai putra-putri panjengan, baik secara sengaja ataupun tidak sengaja”, pintanya.

Lebih lanjut, Beliau juga berpesan untuk bersama-sama melaksanakan peraturan-peraturan yang telah disepakati bersama. “Ada beberapa hal yang benar-benar untuk dihindari. Pertama, memberi anak uang tunai. Kedua, membawa hp. Ketiga, nyambangi anak tidak pada waktunya”, pesannya.

Acara ditutup dengan do’a dan dilanjutkan mushofahah wali santri dengan pengasuh. (I2m_rd)