Wonosari, (PPDQWI) – Dalam rangka meningkatkan keprofesionalan kepala Madrasah, MA Darul Quran menggelar Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM)  pada Kamis (07/12/2023) dengan tim penilai H. Latif Jauhari, M.Pd dan Sugeng Wibowo, M.Pd, Pengawas Pembina Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul.

Kepala MA Darul Quran Drs. H A. Kharis Masduki, M.S.I, berharap PKKM akan memberikan manfaat untuk kemajuan madrasah. Beliau juga menekankan pentingnya komunikasi antara koordinator komponen dengan penilai tentang beberapa data yang sudah disiapkan, sehingga penjelasan yang disampaikan oleh koordinator dapat dipahami oleh penilai.

Sementara itu, H. Latif Jauhari mengatakan PKKM adalah proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data yang dikerjakan oleh kepala madrsah
pada setiap indikator pemenuhan standar.
PKKM bermanfaat untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan madrasah, hasil PKKM sebagai acuan untuk meningkatkan keprofesionalan kepala madrasah, dan bagi Kemenag sebagai penghimpun informasi penugasan kepala madrasah sesuai kewenangannya.

“PKKM yang penilaiannya berupa bukti dokumen hendaknya tidak sekedar dokumen yang bertumpuk-tumpuk saja, namun benar-benar dilaksanakan sebagaimana mestinya. Dengan melaksanakan butir-butir yang dinilai akan memberikan kemajuan bagi masing-masing madrasah yang melaksankan PKKM”, pesannya.

Diakhir kegiatan dilakukan evaluasi oleh pengawas tentang beberapa hal yang perlu diperbaiki untuk kemajuan madrasah. (Bhr)