Wonosari, (PPDQWI) – Memperingati Hari Lahir Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad yang ke- 25 tahun 1445 H, Pondok Pesantren Darul Quran Wal Irsyad bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan Gunungkidul (Kundha Kabudayan) menggelar pagelaran wayang kulit pada Jumat, (08/12/2023) di Komplek Pondok Pesantren Darul Quran Wal Irsyad.

Pagelaran wayang kulit ini menarik untuk di tonton, sebab dalangnya adalah Ki Yusuf Anshor, dalang cilik yang bisa menirukan Alm. Ki Seno Nugroho. Ki Yusuf Anshor, merupakan dalang remaja asal Padukuhan Jeruklegi, Kalurahan Katongan, Kapanewon Nglipar. Namanya belakangan kian tersohor dalam jagat seni budaya khususnya dunia wayang kulit.

Anak dari pasangan Karyanto dan Sukarmi ini masih berumur 15 tahun. Kendati umurnya masih belia, ia telah disibukkan dengan banyaknya pentas wayang. Ki dalang Yusuf Anshor mengatakan akan tetap konsisten menyelesaikan sekolahnya, yang mana saat masih duduk di kelas X MAN 1 Gunungkidul. Ia mendapat dukungan penuh dari pihak sekolah. Sebab profesinya sebagai dalang muda merupakan sebuah prestasi yang harus dibanggakan.

Dalam pagelaran wayang kulit tersebut, Yusuf Anshor mengangkat lakon “Semar Mbangun Kahyangan”. Silahkan tonton selengkapnya penampilan Dalang Cilik Yusuf Anshor K di Channel Youtube Darul Qur’an melalui link https://www.youtube.com/live/LybNfh60wts?si=Leru3mMQ3kJQTrY2
Jangan Lupa… Like, Comment, Share and Subscribe!. (Bhr)