Allah SWT menjadikan bulan dalam satu tahun berjumlah 12 dan diantaranya ada 4 bulan yang dimuliakan Allah SWT atau biasa disebut dengan โ€œAsyhurul Hurumโ€yaitu bulan Dzulqaโ€™dah, Dzulhijjah, Muharram, serta Rajab. Sebagaimana dalam firman-Nya :

ุฅูู†ู‘ูŽ ุนูุฏู‘ูŽุฉูŽ ูฑู„ุดู‘ูู‡ููˆุฑู ุนูู†ุฏูŽ ูฑู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูฑุซู’ู†ูŽุง ุนูŽุดูŽุฑูŽ ุดูŽู‡ู’ุฑู‹ุง ููู‰ ูƒูุชูŽูฐุจู ูฑู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุฎูŽู„ูŽู‚ูŽ ูฑู„ุณู‘ูŽู…ูŽูฐูˆูŽูฐุชู ูˆูŽูฑู„ู’ุฃูŽุฑู’ุถูŽ ู…ูู†ู’ู‡ูŽุงู“ ุฃูŽุฑู’ุจูŽุนูŽุฉูŒ ุญูุฑูู…ูŒ ุฐูŽูฐู„ููƒูŽ ูฑู„ุฏู‘ููŠู†ู ูฑู„ู’ู‚ูŽูŠู‘ูู…ู ููŽู„ูŽุง ุชูŽุธู’ู„ูู…ููˆู’ุง ูููŠู‡ูู†ู‘ูŽ ุฃูŽู†ููุณูŽูƒูู…ู’ ูˆูŽู‚ูŽูฐุชูู„ููˆู’ุง ูฑู„ู’ู…ูุดู’ุฑููƒููŠู†ูŽ ูƒูŽุงู“ูู‘ูŽุฉู‹ ูƒูŽู…ูŽุง ูŠูู‚ูŽูฐุชูู„ููˆู†ูŽูƒูู…ู’ ูƒูŽุงู“ูู‘ูŽุฉู‹ ูˆูŽูฑุนู’ู„ูŽู…ููˆู’ุง ุฃูŽู†ู‘ูŽ ูฑู„ู„ู‘ูŽู‡ ู…ูŽุนูŽ ูฑู„ู’ู…ูุชู‘ูŽู‚ููŠู†ูŽ

Artinya:ย โ€œSesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.โ€ย (QS. At-Taubah: 36)

Diantara keempat bulan mulia tersebut, ada satu bulan yang menjadi awal bulan dalam kalender hijriyyah yaitu Muharram sebagaimana ketetapan dari musyawaroh kholifah Umar RA bersama para sahabat yang menjadikan Muharram sebagai awal bulan karena di bulan inilah bulan pemisah antara yang haq dan yang bathil. Bulan dimana Rasulullah SAW bertekad hijrah menuju Madinah, bulan menuju kemuliaan islam sehingga ummat islam bisa beribadah dengan aman tanpa gangguan kafir Quraisy dan bisa membangun Masjid Qubaโ€™ (masjid pertama yang dibangun Rasulullah SAW) di Madinah. Di dalam bulan itu pula, terdapat hari yang biasa disebut dengan Yaumu โ€˜Asyura atau hari ke sepuluh bulan Muharram, hari yang penuh keutamaan.

Banyak sekali terjadi peristiwa-peristiwa penting di hari โ€˜Asyura tersebut yang tentunya patut kita ketahui dan kita agungkan, diantaranya:

  1. Hari diterima taubatnya Nabi Adam AS.
  2. Hari ditinggikannya derajat Nabi Idris AS.
  3. Berhentinya banjir bandang sehingga Nabi Nuh bisa mendarat keluar dari kapalnya.
  4. Allah menyelamatkan Nabi Ibrahim dari kobaran api Raja Namrudz.
  5. Allah menurunkan Taurat kepada Musa AS.
  6. Dikeluarkannya Nabi Yusuf AS dari penjara setelah 7 tahun berada dalam penjara.
  7. Penglihatan Nabi Yaโ€™qub AS dipulihkan oleh Allah SWT.
  8. Nabi Ayyub disembuhkan dari penyakit.
  9. Dikeluarkannya Nabi Yunus dari dalam perut ikan yang menelannya.
  10. Terbelahnya Laut Merah untuk menyelamatkan Bani Israโ€™il dari kejaran Firโ€™aun.
  11. Nabi Daud diampuni kesalahannya (bukan berarti dosa) oleh Allah
  12. Allah memberikan kerajaan kepada Nabi Sulaiman AS.
  13. Nabi Muhammad SAW dihalangi dari melakukan kesalahan yang sudah terjadi maupun belum.
  14. Hari diciptakannya dunia.
  15. Hari permulaan rahmat dan hujan diturunkan ke bumi.
  16. Arsy, Lauhul Mahfhudz, serta Qalam diciptakan.
  17. Allah menciptakan Jibril dan mengangkat Nabi Isa AS dari bumi.

Di samping itu pula banyak sekali fadhilah atau keutamaan-keutamaan di hari โ€˜Asyura, diantaranya :

  1. Pahala puasa di hari โ€˜Asyura sama dengan berpuasa selama satu tahun penuh karena puasa โ€˜Asyura adalah amalan yang dilakukan oleh para nabi.
  2. Barang siapa menghidupkan malam โ€˜Asyura dengan beribadah maka bagaikan beribadahnya seluruh penduduk langit tujuh.
  3. Barang siapa memberikan minum sekali di hari โ€˜Asyura maka allah akan memberikannya minum di Padang Mahsyar nanti.
  4. Barang siapa bersedekah satu kali di hari โ€˜Asyura maka bagaikan tidak pernah menolak sama sekali peminta- minta.
  5. Orang yang mandi dan bersuci di hari โ€˜Asyura tidak akan terkena penyakit selama satu tahun kecuali mati.
  6. Mengusap kepala anak yatim atau berbuat baik terhadap anak yatim sama halnya dengan berbuat baik terhadap seluruh anak yatim Bani Adam.
  7. Menjenguk orang sakit sekali sama halnya dengan menjenguk seluruh Bani Adam yang sakit.

Dasar Puasa Tasuโ€™a &ย โ€˜Asyura

ุนูŽู†ู’ ุงุจู’ู†ู ุนูŽุจู‘ูŽุงุณู ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ูู…ูŽุง ู‚ูŽุงู„ูŽ : ู‚ูŽุฏูู…ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุงู„ู’ู…ูŽุฏููŠู†ูŽุฉูŽ ููŽุฑูŽุฃูŽู‰ ุงู„ู’ูŠูŽู‡ููˆุฏูŽ ุชูŽุตููˆู…ู ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุนูŽุงุดููˆุฑูŽุงุกูŽ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ู…ูŽุง ู‡ูŽุฐูŽุง ู‚ูŽุงู„ููˆุง ู‡ูŽุฐูŽุง ูŠูŽูˆู’ู…ูŒ ุตูŽุงู„ูุญูŒ ู‡ูŽุฐูŽุง ูŠูŽูˆู’ู…ูŒ ู†ูŽุฌู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุจูŽู†ููŠ ุฅูุณู’ุฑูŽุงุฆููŠู„ูŽ ู…ูู†ู’ ุนูŽุฏููˆู‘ูู‡ูู…ู’ ููŽุตูŽุงู…ูŽู‡ู ู…ููˆุณูŽู‰ ู‚ูŽุงู„ูŽ ููŽุฃูŽู†ูŽุง ุฃูŽุญูŽู‚ู‘ู ุจูู…ููˆุณูŽู‰ ู…ูู†ู’ูƒูู…ู’ ููŽุตูŽุงู…ูŽู‡ู ูˆูŽุฃูŽู…ูŽุฑูŽ ุจูุตููŠูŽุงู…ูู‡ู. ุตุญูŠุญ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ

Artinya : Dari Ibnu โ€˜Abbas radliallahu โ€˜anhuma berkata: โ€œKetika Nabi Muhammad SAW telah sampai dan tinggal di Madinah, Beliau melihat orang-orang Yahudi melaksanakan puasa hari โ€˜Asyuraโ€™ (10 Muharram), lalu Beliau bertanya :ย โ€œApa yangย kalian kerjakan ini?โ€ย Mereka menjawab:ย โ€œHari ini adalah hari kemenangan, hari ketika Allah menyelamatkan Bani Israโ€™il dari musuh mereka lalu Nabi Musa Alaihissalam menjadikannya sebagai hari berpuasaโ€. Maka Beliau bersabda:ย โ€œAku lebih berhak dari kalian terhadap Musaโ€. Kemudian Beliau memerintahkan untuk berpuasa.

Adapun perintah puasa tersebut tidak sampai wajib hanya sekedar sunnah sebagaimana dalam hadits shahih yang diterangkan dalam kitab โ€˜Umdatul Qari Syarah Shahih Bukhari juz 17 hal 142:

ุญุฏุซู†ุง ุนุจุฏ ุงู„ู„ู‡ ุจู† ู…ุณู„ู…ุฉ ุนู† ู…ุงู„ูƒ ุนู† ู‡ุดุงู… ุงุจู† ุนุฑูˆุฉ ุนู† ุงุจูŠู‡ ุนู† ุนุง ุฆุดุฉ ู„ุงุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ุง ู‚ุงู„ุช ูƒุงู† ูŠูˆู… ุนุงุดูˆุฑุงุก ุชุตูˆู…ู‡ ู‚ุฑูŠุด ููŠ ุงู„ุฌุงู‡ู„ูŠุฉ ูˆูƒุงู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู‘ู… ูŠุตูˆู…ู‡ย  ูู„ู…ุง ู‚ุฏู… ุงู„ู…ุฏูŠู†ุฉ ุตุงู…ู‡ ูˆ ุฃู…ุฑ ุจุตูŠุงู…ู‡ ูู„ู…ุง ูุฑุถ ุฑู…ุถุงู† ุชุฑูƒ ูŠูˆู… ุนุงุดูˆุฑุงุก ูู…ู† ุดุงุก ุตุงู…ู‡ ูˆู…ู† ุดุงุก ุชุฑูƒู‡. ุนู…ุฏุฉ ุงู„ู‚ุงุฑูŠ ุดุฑุญ ุตุญูŠุญ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ

Artinya : Riwayat dari Abdullah ibn Maslamah dari Malik dari Hisyam ibn โ€˜Urwah dari ayahnya dari โ€˜Aisyah RA. berkata: โ€œOrang-orang Quraisy biasa berpuasa pada hari โ€˜asyura di masa jahiliyyah, Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam pun melakukannya pada masa jahiliyyah. Tatkala beliau sampai di Madinah beliau berpuasa pada hari itu dan memerintahkan umatnya untuk berpuasa. Kemudianan tatkala mulai di fardlukan puasa Ramadlan, Rasululllah meninggalkan puasa hari โ€˜asyuro. Barang siapa yang ingin berpuasa, maka berpuasalah. Dan barangsiapa yang ingin tidak berpuasa, maka boleh tidak melakukannya.โ€

Hanya saja, umat Islam diperintahkan untuk berbeda dengan umat kafir, karena itu agar tidak sama dengan Yahudi yang berpuasa setiap tanggal 10 Muharram. Untuk menghilangkan keserupaan atau tasyabbuh melaksanakan puasa โ€˜Asyura dengan orang-orang Yahudi akhirnya Rasulullah pun menganjurkan untuk menambah satu hari sebelumnya (Tasuโ€™a) atau setelahnya yaitu tanggal 9 atau 11 Muharram. Ada juga yang mengatakan bahwa hal ini untuk kehati-hatian, siapa tahu salah dalam penentuan awal Muharram sehingga berbuntut kesalahan penentuan โ€˜Asyura (10 Muharram) entah lebih maju atau lebih mundur. Sehingga lebih baiknya untuk menghindari kesalahan tersebut disunnahkan untuk menambah puasa pada tanggal 9 atau 11 Muharram, jadi tidak hanya satu hari saat tanggal 10 Muharram saj. Dengan begitu maka tidak keserupaan dengan puasanya orang Yahudi dan juga bisa berhati-hati akan kesalahan penentuan tanggal. Rasulullah SAW semula berkeinginan untuk puasa tasuโ€™a sebagaimana tersebut dalam hadis ini :

ุนูŽู†ู’ ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ย ุจู’ู†ู ุนูŽุจู‘ูŽุงุณู ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ูู…ูŽุง ู‚ูŽุงู„ูŽ : ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู„ูŽุฆูู†ู’ ุจูŽู‚ููŠุชู ุฅูู„ูŽู‰ ู‚ูŽุงุจูู„ู ู„ูŽุฃูŽุตููˆู…ูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ุชู‘ูŽุงุณูุนูŽ. ุตุญูŠุญ ู…ุณู„ู…

Artinya : Dari Abdullah bin Abbas Radliallahu โ€˜anhuma, ia berkata; Rasulullah ๏ทบ bersabda:ย โ€œSeandainya tahun depan aku masih hidup, niscaya saya benar-benar akan berpuasa pada hari ke sembilan (Muharram)โ€.

Sayangnya beliau tidak bisa melakukannya, karena wafat terlebih dahulu. Adapun puasa Hadusaโ€™ (puasa tanggal 11 Muharram) maka tidak ada dalil khusus yang menunjukkan kesunnahannya. Riwayat yang memungkinkan dijadikan dasar kekhusussan sunnahnya adalah riwayat dhoif, sehingga berpuasa di hari itu (tanggal 11 Muharram) masuk dalam keumuman sunnahnya puasa di bulan Muharram. Wallahuaโ€™lam.

Sumber :ย www.ppalanwar.com