Wonosari, (PPDQWI) – Sebanyak 800 santri Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad Wonosari mengikuti vaksinasi Covid-19 pada selasa (03/08/2021) di komplek MA Darul Quran. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Badan Intelejen Negara (BIN) DIY dan Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul. Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Gunungkidul H. Sunaryanta, Perwakilan BIN DIY Eko Susilo, SH, Kakan Kemenag Gunungkidul Drs. H. Sa’ban Nuroni, MA dan Pengasuh Pon Pes Darul Quran Wal Irsyad KH. A. Kharis Masduki, M.S.I.

“Terima kasih atas terselenggaranya vaksinasi di Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad. Semoga ini benar-benar membawa kebaikan bagi kita semua, Allah memberikan keselamatan dan kesehatan pada semuanya sehingga pandemi ini bisa segera berakhir,” ungkap Kyai Kharis.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul, H. Sunaryanta, berharap dengan adanya vaksinasi dapat tercapai herd immunity. “Dengan adanya vaksinasi yang terus kita dorong, bekerjasama dengan berbagai instansi, mudah-mudahan nanti kita bisa mencapai herd immunity. Semoga Covid-19 segera berakhir dan kita akan pulih kembali seperti dahulu,” ungkapnya.

Selanjutnya, mewakili BIN DIY, Eko Susilo, SH menjelaskan, vaksinasi ini selain mendukung program pemerintah, juga untuk meningkatkan kekebalan komunal di tengah masyarakat agar pandemi segera berakhir. “Atas nama pimpinan BIN DIY kami mengucapkan terimakasih atas kolaborasi antara pesantren, Kemenag, Dinkes yang sudah berjalan dengan baik,”terangnya.

Terakhir Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul, Drs. H. Sa’ban Nuroni, MA dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Bupati Gunungkidul dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) DIY yang telah memberikan kesempatan kepada Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad untuk memperoleh vaksinasi. “Mudah – mudahan Covid-19 segera berlalu. Seluruh santri di Pondok Pesantren yang ada di Gunungkidul akan mendapatkan vaksinasi,”ucapnya.