fesmaWonosari, (PPDQWI) – FESMA (Festival Santri Madin) merupakan pagelaran lomba santri berprestasi di Madrasah Diniyah Takmiliyah Tingkat Pendidikan Awaliyah. Festival ini diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul bekerjasama dengan KKDT Kabupaten Gunungkidul yang berlangsung pada hari Ahad (4/11) di Komplek Masjid Agung al-Ikhlas Wonosari Gunungkidul. Dalam FESMA tahun 2012 ini kurang lebih diikuti 34 Madin yang ada di Kabupaten Gunungkidul dengan peserta lomba lebih dari 500. Tema FESMA kali ini adalah “Dengan Diselenggarakannya Festival Santri Madin (FESMA), Kita Wujudkan Generasi Islam yang Berakhlakul Karimah”.

Dari hasil seleksi yang berlangsung dengan melihat antusiasnya siswa -siswi dalam bertanding akhirnya Madin Abdullah bin Mas’ud meraih juara umum  dengan beberapa tingkat cabang perlombaan. Dari 9 cabang lomba yang di adakan, Madin Abdullah bin Mas’ud meraih 3 juara 1 dan berhak mewakili Kabupaten Gunungkidul pada FESMA di tingkat propinsi., yaitu cabang Cerdas Cermat Agama Islam, Hifdzul Qur’an dan Tilawatil Qur’an. Selain itu cabang lomba yang dimenangkan siswa-siswi Madin Abdullah bin Mas’ud antara lain: Cabang Adzan, Puitisasi saritilawah, Tartil Al-Qur’an memperoleh juara 2, untuk cabang seni lukis Islami, menulis surat-surat pendek dan terjemah memperoleh juara 3. Selanjutnya juara I akan bertanding ditingkat propinsi pada hari Kamis, 15 Nopember 2012 yang akan datang dan semoga siswa-siswi Madin Abdullah bin Mas’ud sukses dan berhasil mendapatkan juara ditingkat propinsi. Amiien………

Adapun nama nama santri yang telah berhasil memperoleh kejuaraan FESMA di tingkat kabupaten Gunungkidul sebagai berikut :

  1. Cabang CCA : Ahmad Khowas, Mufti Yasin, Muhammad Afif; (Juara 1)
  2. Cabang Tilawatil Qur’an : Muhammad Ridwan Amrulloh; (Juara 1)
  3. Cabang Hifdzul Qur’an : M. Mutamakkin Fawaid; (Juara 1) , Khoirun Nida; (Juara 1)
  4. Cabang Adzan : Muhammad Makhid Masrufi; (Juara 2)
  5. Cabang Puitisasi Saritilawah : Fahma Mahfudi; (Juara 2)
  6. Cabang Tartil Al Qur’an : Zahrotun Nisa El-Khansa (Juara 2)
  7. Cabang Seni Lukis Islami : Muhammad Rosidul AZ; (Juara 3) dan
  8. Cabang Menulis Surat-Surat Pendek dan Terjemah : Fitroh Noor Hanik; (Juara 3)